AMBON, Siwalimanews – Lagi lagi intensitas hujan yang tinggi yang menguyur kota Ambon sejak Jumat (8/7) pagi hingga sore membuat bencana kembali terjadi.

Kali ini, tanah longsor serta pohon tumbang terjadi di Desa Halong tepatnya di lingkungan RT 033/011 Dusun Halong Batu Batu, Kacamatan Baguala, Kota Ambon.

Akibat longsor dan pohon tumbang itu, akses jalan di kawasan tersebut sempat lumpuh akibat tanah dan bangkai pohon yang menutup akses jalan utama.

“Akses jalan sempat ditutup, namun personel dari Damkar dan Polsek Bagual serta Polresta Ambon langsung melakukan evakuasi bangkai pohon dan tanah yang menutup jalan,” jelas Kapolsek Baguala, AKP Meity Jakobus kepada wartawan dilokasi kejadian,  Jumat (8/7).

Ia menghimbau masyarakat atau pengguna jalan untuk tidak dulu melintas di jalur tersebut, melihat masih terdapat pohon yang berpotensi tumbang.

Baca Juga: Barends Dorong Kemajuan WUB IKM Maluku

“Melintasi ruas jalan titik bencana masih rawan dikarnakan ada pohon gondal besar yang  setengah dari akarnya sudah terlihat tidak berapa di dalam tanah serta tebing tanah yang tinggi sewaktu-waktu dapat terjadi longsor susulan,” himbaunya.

Menurutnya, selain longsor dan pohon tumbang, banjir juga terjadi di sejumlah titik, seperti di depan Mall ACC di Desa Passo, pada lokasi ini ketinggian air melewati lutut orang dewasa. Alhasil kemacetan panjang juga terjadi dikawasan itu.

“Sampai saat ini air masih tinggi di kawasan depan ACC, personel juga kita kerahkan untuk mengatur lalu lintas agar kendaraan tidak menumpuk yang mengakibatkan kemacetan panjang. (S-10)