AMBON, Siwalimanews – Jabatan Kapolresta Ambon yang saat ini dijabat Kombes Raja Arthur Lumongga Sima­mora akan digantikan Kombes Driyano Andri Ibrahim, yang saat ini menjabat Auditor Ke­polisian Madya tingkat III Itwasda Polda Maluku.

Simamora sendiri dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Ma­dya Bidang Gadikwa Lemdiklat Polri.

Mutasi jabatan sesuai surat telegram Kapolri nomor: ST/1588/VII/KEP/2023 tanggal 21 Juli 2023.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Roem Ohoirat kepada wartawan di Ambon, Senin (24/7) mengatakan, mutasi jabatan atau alih tugas merupakan hal yang wajar sebagai suatu kebu­tuhan organisasi dalam pe­ngem­bangan sumber daya manusia.

“Mutasi jabatan juga merupakan salah satu upaya pembinaan karier sekaligus promosi jabatan bagi setiap anggota Polri yang dinilai berhasil atau berprestasi oleh pimpinan dalam pelaksanaan tu­gas,” ungkapnya.

Baca Juga: Bela: Penting bagi Masyarakat Jaga Lingkungan

Untuk diketahui, setelah keluar­nya telegram Kapolri tentang pem­berhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan baru Kapolresta Ambon, selanjutnya akan dilakukan serahterima jabatan dalam waktu dekat.

Mutasi

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Pra­bowo merotasi sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah.

Didalam mutasi tersebut terdapat 3 pejabat utama di lingkup Polda Maluku yang ikut dirotasi.

Mutasi jabatan tersebut tertuang dalam empat surat telegram Kapolri masing-masing telegram nomor T/712/III/KEP./2023, ST/713/III/KEP./2023,  ST/714/III/KEP./2023 , dan ST/715/III/KEP./2023, pada tanggal 27 Maret 2023 yang  ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Untuk Polda Maluku sendiri jabatan yang dirotasi  masing ma­sing, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM), Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran (Karo Rena) serta Kapolres Pulau Buru.

Posisi Karo SDM yang saat ini dijabat Kombes Denny Yono Putro akan ditempati Kombes Bony Johannes Sanganadi yang saat menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Dalpres SSDM Polri. Kom­bes Denny sendiri dipercayakan menempati jabatan baru sebagai Karo SDM Polda Sulawesi Selatan.

Selanjutnya, Kombes Sus Edy yang saat ini menjabat Karo Rena Polda Maluku dimutasikan sebagai Kasubdit Binkamsa Ditbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri. Peng­gantinya Kombes Widoni Fedri yang saat ini menjabat sebagai Karo Operasi Polda Nusa Tenggara Timur.

Selain dua jabatan utama di Polda Maluku itu, Kapolri juga merotasi jabatan Kapolres Buru yang saat ini  dijabat AKBP Egia Febri Kusu­mawiatmaja.

AKBP Egi dipromosikan menjabat Wadir Samapta Polda Maluku. Jabatan yang ditinggalkan akan diisi AKBP Nur Rahman yang saat ini menjabat Kasubdit I Direktorat Intelkam Polda Maluku.

Kabid Humas Polda Maluku, Kom­bes Roem Ohoirat, yang dikon­firmasi membenarkan rotasi jabatan di tubuh Polda Maluku yang dike­luarkan Kapolri melalui surat telegram.

“Iya benar ada rotasi jabatan yang dikeluarkan bapak Kapolri melui surat telegram, dimana untuk Polda Maluku sendiri terdapat tiga posisi strategis yang dirotasi, yakni Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM), Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran (Karo Rena) serta Ka­polres Pulau Buru,”ungkap Ohoirat.(S-10)