MASOHI, Siwalimanews – Kapolres Maluku Tengah, AKBP Dax Immanuelle Manuputty, Rabu (20/7) meninjau jembatan Waimala di Negeri Sahulauw, Kecamatan Teluk Elpaputih, yang amblas akibat diterjang banjir, pada Sabtu, (16/7) lalu.

Didampingi Kasat Lantas Iptu Maulidi Prawira dan Kasat Intel Iptu Dahmawan, Kapolres ingin memastikan kondisi lapangan serta upaya perbaikan yang dilakukan pihak terkait, guna memastikan kelancaran transportasi dan akomodasi masyarakat.

Pasalnya, jembatan tersebut merupakan salah satu urat nadi kelancaran transportasi massal yang menghubungkan tiga  kabupaten di Pulau Seram. Tak hanya mengunjungi Jembatan Waimala kapolres bersama rombongan juga meninjau pekerjaan jembatan darurat di Negeri Rutah Kecamatan Amahai.

Kapolres disela-sela kunjungan itu mengharapkan, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah Maluku kiraya dapat menyelesaikan pembangunan jembatan darurat secepatnya, sehingga arus lalulintas dapat kembali berjalan normal

“Kita berharap pihak Balai Jalan secepatnya menyelesaikan pekerjaan jembatan darurat, sehingga arus lalulintas dapat berjalan normal, dan masyarakat pun dapat beraktivitas seperti biasanya,” ucap kapolres.

Baca Juga: Longsor dan Pohon Tumbang di Halong Tutup Akses Jalan Utama

Kapolres juga minta masyarakat tidak melakukan praktek pungli, dalam memanfaatkan situasi pasca bencana yang terjadi di Malteng saat ini.

“Saya harapkan kepada masyarakat jangan lagi menggunakan praktek-praktek pungli untuk mencari keuntungan pribadi dengan adanya pembuatan jembatan swadaya ini,” himbau kapolres.

Kapolres juga minta pemerintah Kecamatan Teluk Elpaputih agar dapat membangun koordinasi yang intens dengan pihak yang berkompeten, agar pembangunan jembatan darurat dapat segera dilakukan.

Mengingat ruas trans seram di lokasi itu sangat vital dan perlu secepatnya mendapatkan respons penanganan. Personel Polres Malteng dan jajarannya yang mengamankan situasi baik di Aira Negeri Rutah hingga Jembatan Waimala diminta untik menjaga situasi kamtibmas di dua wilayah tersebut dapat terpelihara dengan baik. (S-17)