AMBON, Siwalimanews – Sebagai bentuk apresiasi atas peran media, Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, melaksanakan tatap muka dengan insan pers di Kota Ambon.

Pertemuan dilakukan di Rupatama Polda Maluku, Sabtu (15/1), lantaran Kapolda menganggap media merupakan salah satu mitra terbaik Polri dan pilar penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Apalagi di tengah-tengah situasi yang saat ini informasi sangat cepat diserap oleh masyarakat.

“Bapak Kapolri berulang kali menyampaikan bahwa kita tidak boleh antikritik. Karena bagi saya pun, masyarakat khususnya teman-teman media masih mengkritik Polri, itu artinya masih sayang kepada Polri. Tapi kalau sudah diam, ini yang bahaya,” ucap Kapolda.

Mantan Kapolda NTT ini mengaku, kritikan media menjadi bahan introspeksi untuk menjadi koreksi dan evaluasi, guna membentuk kineja Polri, khususnya Polda Maluku yang lebih baik lagi.

“Tentu saja kritik-kritik yang membangun sangat dibutuhkan, dengan demikian saya juga akan memberikan informasi kepada teman-teman, karena dasar dari relationship adalah kemitraan, saling percaya, setara, kalau teman-teman butuh sesuatu pun pasti saya akan berikan informasi,” janji Kapolda.

Baca Juga: Kapolri Tinjau PTM dan Vaksinasi Anak di Ambon

Perkembangan era saat ini membuat masyarakat ada di era transformasi informasi, dimana ada dua kehidupan yang di jalani, yakni sebagai cityzen atau warga negara maupan sebagai netizen atau warga di dunia maya.

Tantangan Polri saat ini yang dihadapi, yakni pada era digital, dimana informasi dengan cepat menyebar, sehingga terkadang kinerja Polri diragukan.

“Saat ini netizen lebih eksis dari cityzen. Ini yang Saya pesan ke jajaran kita, harus hati-hati, karena ini yang lebih kritis, seperti tagar jangan lapor polisi. Ini sebagai masukan dan bahan koreksi kita diera digital. Untuk itu transformasi informasi dimana peran media sangat penting,” ujar Kapolda.

Kapolda berjanji, akan membuka ruang sebesar-besarnya untuk memberikan informasi kepada insan pers yang menjadi perpanjangan tangan ke masyarakat.

“Saya harap kemitraan terus terjalin, informasi akan saya berikan, karena dasar dan hubungan adalah saling percaya, namun ada teknis-teknis yang secara khusus belum bisa kita sampaikan, namun secara umum akan kita informasikan,” tandas Kapolda. (S-45)