Kapolda Kunjungi Daerah Rawan Konflik di Tual

Tual, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Pol, Baharudin Djafar, melakukan kunjungam kerja ke Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, Jumat (13/3).

Dalam kunjungan tersebut kapolda menyempatkan diri untuk mendatangi kompleks UN di Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual yang merupakan salah satu kawasan rawan bentrok di kota itul. Tak hanya melakukan kunjungan, kapolda juga melaksanakan apel personil gabungan TNI Polri di lokasi itu.

Apel personil gabungan yang dilakukan buntut dari ketegangan antar warga desa Taar dan Holat, yang bermukim di kompleks tersebut, beberapa waktu lalu. Apel itu turut  disaksikan oleh kedua kelompok masyarakat, yang nyaris bentrok.

Kapolda menjelaskan, apel itu sengaja dilaksanakan dilokasi kejadian untuk menunjukan kepada masyarakat agar selalu hidup dalam suasana damai.

“Kita berikan penguatan-penguatan dan semangat kepada personil kita dalam melaksanakan tugas dilapangan. Ada sekitar 150 personil gabungan. Selain itu juga kita tunjukan buat masyarakat bahwa ada aparat keamanan yang selalu bersama mereka, sehingga ketika terjadi sesuatu harus melibatkan aparat,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kemananan, lanjut Kapolda, aparat gabungan akan meningkatkan patroli di Kota Tual, dan Maluku Tenggara.

“Kehadiran kita (TNI-Polri) ditengah-tengah masyarakat itu sebuah kewajiban. Kita harus berikan rasa aman dan nyaman untuk mereka, untuk itu patroli akan kita intensifkan diseluruh wilayah ini,” tuturnya.

Kapolda juga mengapresiasi langkah kedua masyarakat desa tersebut, yang telah menahan diri sehingga bentrokan tidak meluas. Ia memastikan situasi dan kondisi keamanan diperbatasan kedua desa termasuk Maluku Tenggara dan Kota Tual, saat ini dalam kondusif aman terkendali.

“Situasi sudah sangat aman terkendali, masyarakat diperbatasan kedua desa juga sudah beraktivitas seperti sediakala, hanya saja personil masih kita tempatkan dilokasi ini dan patroli jalan sama biasa,” ucapnya. (S-45)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *