AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif meminta warga masyarakat Maluku untuk menjaga kondisi keamanan dan ketertiban dalam masyarakat (Kamtibmas) selama berlangsungnya perhelatan piala dunia sepak bola 2022.

Eforia masyarakat, khususnya di Maluku terhadap ajang olahraga terbesar di dunia ini sudah mulai tampak bahkan beberapa hari sebelumnya.

Menyikapi eforia masyarakat yang mendukung beragam negara peserta piala dunia, Kapolda mengaku hal itu merupakan ke­wajaran. Hanya saja, Ia berharap agar keeforiaan masyarakat tetap berada pada batas kewajaran.

“Masyarakat punya idola dan tim favorit masing-masing, dan hal itu wajar. Dan yang lebih baik lagi apa­bila tetap dalam koridor sportivitas dan junjung tinggi persaudaraan,” pinta Kapolda

Kapolda meminta masyarakat agar tidak fanatik berlebihan ter­hadap negara yang didukungnya. Fanatik berlebihan dapat memicu keributan.

Baca Juga: DPRD Desak Dinkes Anggarkan Insentif Nakes RS Lantamal

“Jangan justru karena piala du­nia yang mainnya di luar negeri terus kita di sini ribut-ribut sampai berkelahi, bahkan sampai mela­kukan tindak pidana yang sangat merugikan,” kata Kapolda meng­ingatkan.

Kepada sejumlah pihak yang akan melakukan kegiatan nonton bareng atau nobar, lanjut Kapolda, agar dapat bersama-sama menja­ga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Dan terlebih penting, saat nobar dihelat tidak ada yang mengkonsumsi minuman keras (miras).

“Bagi tempat-tempat yang akan lakukan nobar, jaga keamanan dan ketertiban dan jangan ada miras yang disajikan. Karena ini mengun­dang potensi kericuhan bila sudah pada mabuk,” pinta Kapolda.

Dirinya mengajak masyarakat agar dapat meniru prestasi yang diraih negara-negara peserta piala dunia. Di mana masyarakatnya selalu menjaga kamtibmas meski kalah saat bertanding.

“Kita tiru prestasi negara-negara yang sedang ikut piala dunia, tapi juga mari kita menjaga kamtibmas bersama. Jangan karena piala dunia malah buat persahabatan, persaudaraan rusak bahkan me­nimbulkan konflik berkepanja­ngan,” harapnya.

Kapolda mengajak masyarakat agar dapat menjadikan piala dunia sebagai ajang pererat persatuan, persaudaraan dan persahabatan.

“Polda Maluku akan lakukan patroli skala besar dan menghimbau tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat umum untuk tetap tertib serta menjaga kamtibmas bersama. Saya juga sudah instruksian hal tersebut ke semua Kapolres jajaran,” ujar Kapolda. (S-10)