AMBON, Siwalimanews – Tertib perparkiran ternyata belum mam­pu dilaksanakan Dinas Perhubungan Kota Ambon secara maksimal. Hal ini  ter­kendala kurangnya mobil operasional untuk melaksanakan patroli.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette mengatakan, kendaraan yang dimiliki Dishub saat ini hanya satu unit mobil patroli yang setiap harinya dipakai untuk melaksanakan patroli memantau sejumlah kendaraan yang masih parkiir di badan jalan setiap siang hari.

“Yang kami punya sekarang, yang berfungsi hanya satu kendaraan buat patroli,” katanya kepada Siwalima, di Balai Kota Ambon, Kamis (27/8).

Diakuinya, jumlah mobil patroli yang seharusnya dimiliki oleh Dishub untuk melakukan patroli adalah empat sampai lima mobil.

Ketika dikonfirmasi terkait dengan ada­­nya usulan pengadaan mobil operasio­nal kepada Walikota Ambon, kata Sapu­lette, usulan telah disampaikan namun ka­rena pertimbangan Kota Ambon masih be­rada pada masa pandemik covid-19 ma­ka akan diundurkan hingga tahun 2021. “Meskipun kekurangan mobil ope­rasional namun proses patroli penertiban parkir tetap dilaksanakan namun, masih belum maksimal dan itu kendalanya,” terangnya.

Baca Juga: Minggu, Menteri Kelautan dan Perikanan Kunjungi Ambon

Selain penertiban yang dilakukan di siang hari, dirinya juga mengakui, pe­nertiban parkir inap yang biasanya dija­lankan pada malam hari tetap dilaksa­na­kan meskipun covid-19 masih melanda di Kota Ambon. “Tetap kami lakukan pener­tiban parkir nginap di masa pandemi Covid-19 ini, walaupun ada petugas Dishub Kota yang terkonfirmasi positif namun masih ada petugas yang bisa melakukan tugas itu, ya tetap akan dilaksanakan sampai saat ini,” tandasnya. (Mg-6)