MASOHI, Siwalimanews – Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Refdi Andri mengingatkan jajaran Polres Maluku Tengah untuk melayani masyarakat dengan baik.

Hal itu disampaikan Kapolda dalam acara pengukuhan Polsek Telutih, peresmian gedung Baileo Presisi dan launching Aplikasi Nusa Ina Selasa (6/4/2021).

Orang nomor satu di Polda Maluku ini dalam meresmikan tiga program Polres Malteng itu tidak sendiri. Ia didampingi Irwasda, Kom­bes Raden Heru Prakoso, Karo Ops Kombes Antonius Wantri, Karo Logistik, Kombes Chairul Azis, Karo SDM Kombes Muhammad Yusup, Kapolres Malteng AKBP Rositah Umasugi dan Koorspripim Polda Maluku Kompol Dennie Andreas.

Peresmian yang berlangsung di gedung Bhayangkara Polres Mal­teng, Kota Masohi ini, dihadiri Bu­pati Malteng H. Abua Tuasikal, Wakil Bupati Malteng Marlatu L. Leleury, Dandim 1502 Letkol Inf Nu­nung Wahyu Nugroho, Kepala Ke­jari Malteng, Agustinus Mangon­tan, Ketua Pengadilan Negeri Ma­sohi Agus Ardianto, dan sejumlah tokoh agama, masyarakat, adat, pe­mu­da, maupun stakeholder lainnya.

Pada kesempatan itu Kapolda me­ngatakan, pengukuhan Polsek Telu­tih, peresmian gedung presisi dan launching Aplikasi Nusa Ina meru­pakan wujud nyata dari komitmen Polri, khususnya Polda Maluku dan lebih khusus lagi Polres Malteng.

Baca Juga: Walikota Janji Revitalisasi Pasar Tetap Jalan

“Komitmen tersebut dilakukan untuk melakukan transformasi me­nuju Polri yang Presisi guna me­ningkatkan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat,” tegas Kapolda.

Dikatakan, perkembangan lingkungan strategis yang terjadi akhir-akhir ini sangat berimplikasi pada meningkatnya tantangan tugas Polri. Untuk menyesuaikan kebutuhan dan menjawab dinamika yang ada, perlu dilakukan penataan organisasi melalui prinsip tata kelola lembaga yang baik dan bersih. “Salah satu upaya Polri adalah dengan melakukan reformasi struktural, instrumental dan kultural sejak tahun 2008,” katanya.

Pengukuhan Polsek Telutih, tambahnya, telah melewati serangkaian proses verifikasi dan studi kelayakan untuk memastikan telah terpenuhinya kriteria dan persyaratan meliputi perkembangan jumlah penduduk, perkembangan gangguan kamtibmas serta kecenderungannya, kesiapan jumlah personel riil, maupun dukungan dari masyarakat dan pemerintahan daerah setempat.

“Pengukuhan Polsek Telutih juga membawa konsekuensi pada penambahan jumlah personel Polri secara kuantitas. Hal ini hendaknya dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya personil polri, yang nanti ditempatkan di Polsek Telutih,” tandas Kapolda.

Ia mengaku, pimpinan Polri terus berupaya untuk melakukan perubahan fundamental di tubuh Polri. Ini terbukti melalui penetapan 16 program prioritas Kapolri, dalam melakukan transformasi menuju Polri yang Presisi.

Mantan Kakorlantas Polri ini berharap, dengan dikukuhkannya Polsek Telutih, peresmian gedung Baileo Presisi dan launching Aplikasi Nusa Ina, dapat membawa perubahan yang positif bagi Polres Malteng dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Malteng, H. Abua Tuasikal mengatakan, peran polri dalam Presisi merupakan harapan masyarakat. Sehingga pengukuhan Polsek Telutih, peresmian gedung Bileo Presisi dan launching aplikasi Nusa Ina patut diberikan apresiasi.

“Secara umum situasi pembangunan di Kabupaten Malteng berjalan aman dan lancar dan itu tidak terlepas dari sinergitas, dukungan dan kerja sama antar semua instansi,” imbuh Tuasikal.

Ia berharap kerja sama ini dapat terus ditingkatkan agar bersama membangun daerah ini. “Terima kasih atas perhatian bapak Kapol­da Maluku untuk Kabupaten Maluku Tengah,” ujar Tuasikal. (S-36)