AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon, Richard Lou­henapessy berjanji proses revita­lisasi pasar Mardika tetap akan ter­laksana dalam tahun 2021. Menu­rutnya, jika selama ini terlihat tarik ulur, itu karena butuh penanganan khusus.

Meski kelihatan lamban dalam upaya revitalisasi, namun proses ter­sebut diyakini akan tetap terlak­sana. “Mengenai pasar, ini butuh penanganan serius dari Kepala Disperindag yang baru. Dan Pak Sir John Slarmanat ini, kalau menurut saya dia bukan orang baru,” ungkapnya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (6/4).

Disinggung terkait dengan efek yang mungkin ditimbulkan lantaran perombakan birokrasi yang sempat terjadi yang turut melibatkan dinas teknis, Walikota ngaku tidak ada pengaruhnya.

“Kadis yang baru berkompeten dalam bidangnya. Sempat menduduki dinas tersebut sebelumnya. Beliau juga pernah menjabat sebagai Plt Kepala Disperindag Kota Ambon, makanya saya bilang dia bukan orang lama. Kemudian pak John itu dianggap mampu dalam memahami persoalan pasar dan perdagangan,” kata Walikota.

Diakuinya, kadis yang baru ini benar-benar sesuai dengan kriteria. Sebab, dari Hasil koordinasi dengan pemerintah pusat terkait persoalan pasar, kriterianya dianggap telah memenuhi syarat.

Baca Juga: Perayaan Paskah Kristus di Maluku Aman

“Dari hasil lobi-lobi saya dengan pemerintah pusat, mereka mengatakan, bisa nggak yang memimpin Disperindag ini, adalah pejabat yang paham betul masalah internal perdagangan, dan menurut saya Sir John Slarmanat lah orangnya,” ujar Walikota.

Mantan Ketua DPD II Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Ambon itu berharap, agar Sir John Slarmanat bisa memanfaatkan seluruh pengalaman yang dimiliki, guna menjalankan tugas-tugas Disperindag seperti yang diha­rapkan. “Semoga dengan berbagai pengalaman yang dimiliki, persoalan pasar dan perdagangan di Kota Ambon bisa semakin baik. Saya hanya berharap jalankan tugas itu dengan sebaik-baiknya,” pungkas Walikota. (S-52)