AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif mengingatkan kepada siswa pendidikan dan pembentukan bintara yang di yudisium untuk tidak membuat pelanggaran.

“Hindari semua bentuk pelang­garan sekecil apapun serta mema­hami tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri,” tegas kapolda saat memimpin yudisium bagi 230 siswa Diktukba Polda Maluku yang berlangsung gedung Plaza Presisi Polda Maluku, Selasa (19/12).

Dirinya mengaku, dengan dinya­takan lulus setelah melaksanakan pendidikan selama lima bulan, nantinya para siswa akan dilantik menjadi anggota Polri.

“Saya ajak kalian semua agar nantinya bisa terus mengem­bang­kan diri kalian dengan menanamkan motivasi positif untuk cita-cita kalian ke depan sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang sudah kalian peroleh saat ini,” ajaknya.

Untuk itu para siswa diharapkan tidak berpuas diri dengan apa sudah diraih saat ini.

Baca Juga: Warga Keluhkan Kinerja Dream Sukses Airindo

“Yang kalian alami dan kalian jalani di pendidikan dengan ke­ringat, air mata dan tenaga, saya katakan itu belum ada apa-apanya dibandingkan dengan tantangan yang akan kalian hadapi nanti saat sudah bertugas menjadi anggota polri,” pesannya.

Menurutnya siswa yang melaksanakan yudisium ini adalah orang-orang terpilih menjadi seorang abdi negara. Dan tinggal beberapa hari lagi kalian akan dilantik.

“Di pendidikan itu hanya untuk meletakkan pondasi disiplin dan mental yang baik, namun setelah tugas nanti, semua disiplin itu akan muncul dengan sendirinya baik itu kesadaran kalian untuk disiplin melaksanakan apel, berdinas dengan baik dan sebagainya termasuk tidak melakukan pelang­garan,” tegasnya.

Kepada para orang tua, kapolda juga berharap dapat terus memberikan motivasi kepada para siswa.

Melihat banyak anggota Polda Maluku dipecat karena melakukan pelanggaran, ia berpesan agar orang tua selalu mengingatkan anaknya untuk tidak melakukan pelanggaran baik itu disiplin, kode etik maupun pidana.

“Ingatkan mereka agar tidak melakukan pelanggaran dan tetap memberikan motivasi dan dorongan agar mereka dapat melaksanakan tugasnya sebagai anggota polri dengan baik,” ucapnya.

Turut hadir Dekan FKIP Universitas Pattimura Izak H. Wenno dan Dekan FKIP UKIM, Agustina Siahaya.(S-10)