AMBON, Siwalimanews – Malam takbiran me­nyongsong Idul Fitri 1443 Hijiriah tahun 2022 di Kota Ambon  berla­ng­sung secara hikmah dan kondusif.

Kapolda Maluku, Ir­jen Lotharia Latif dan Pang­dam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampu­bolon yang turun lang­sung melakukan pe­man­tauan keamanan pelaksanaan malam takbiran, mengapre­siasi peran serta para tokoh dan masyarakat atas tertibnya pelaksanaan takbiran.

Pemantauan yang dilaku­kan Kapolda bersama dengan Pangdam dilangsungkan di Pos Kota atau Polsek Sirimau, Kota Ambon, Senin (1/5) malam.

Kapolda Maluku mengatakan, pelaksanaan malam takbiran dalam menyambut Idul Fitri yang oleh Pemerintah Pusat ditetapkan jatuh pada Selasa (2/5), secara umum berjalan kondusif.

“Malam ini saya bersama dengan Pangdam dan seluruh pejabat terkait kita memonitor rangkaian kegiatan malam takbiran dan kita melaksanakan kegiatan itu dibantu dengan instansi terkait tentunya sejauh ini kegiatan berjalan aman dan terkendali,” kata Kapolda kepada wartawan, Selasa (2/5) dini hari.

Baca Juga: Tepati Janji Kampanye, Desa Luang Barat Nikmati Air Bersih

Kendati demikian, Kapolda mengaku terdapat beberapa rangkaian kegiatan masyarakat yang melaksanakan takbir keliling. Tapi itu bisa dilaksanakan dengan baik.

“Dan ada petugas yang juga mendampingi melakukan pengawalan dalam kegiatan tersebut,” terangnya.

Dengan berjalannya pelaksanaan malam takbiran secara aman dan kondusif, Kapolda menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah bersama menjaga kamtibmas di Maluku.

“Saya berharap besok dalam kegiatan sholat Idul Fitri juga demikian, tetap untuk menjaga protokol kesehatan. Kita bisa menunjukkan bahwa Maluku semakin aman dan damai,” harapnya.

Terkait kejadian menonjol seperti kecelakaan lalu lintas, perkelahian dan sebagainya, Kapolda mengaku, hingga Selasa (2/5) sekira pukul 01.30 WIT tidak ada laporan yang masuk.

“Dan kita berharap tidak ada ya, kalau ada pasti kita juga mendapat informasi mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kita, memang itu tujuan kita,” sebutnya.

Kapoda mengatakan 2 tahun yang lalu, takbir keliling dan sebagainya tidak bisa dilakukan karena penyebaran Covid-19. Sementara tahun ini berbagai kegiatan dapat dilakukan karena sebagian besar masyarakat sudah hampir tervaksin.

“Tapi kita tetap melakukan pengamanan kegiatan masyarakat yang lain, kita melakukan pendekatan, kita melakukan pengalihan arus semata-mata supaya kegiatan itu juga berjalan aman, tertib dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat. Mungkin juga ada yang terganggu ya kami meminta untuk bisa dipahami dalam situasional seperti ini dan umumnya kegiatan dapat berjalan aman dan lancar. Laporan dari beberapa Polres juga masih aman, terkendali,” pungkasnya.

Shalat Id bersama Warga

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, menunaikan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah bersama anggota dan masyarakat di Masjid At-Taqwa, Selasa (2/5).

Khotib Fahcrurozy Rahanyamtel dalam khotbahnya menyampaikan inti dari berpuasa di bulan Ramadan yaitu Taqwa.

“Ramadan merupakan bulan untuk melatih kita agar bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” katanya.

Olehnya itu, ia meminta jamaah shalat Id untuk senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT, selalu menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya.

“Mari kita senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT, mengikuti perintahNya serta selalu menjauhi laranganNya,” ajaknya.

Usai shalat Id, Kapolda menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, kepada anggota Polda Maluku dan jajaran beserta seluruh umat Islam di Maluku.

Kapolda berharap, di hari kemenangan yang fitri (suci) ini dapat meningkatkan kedamaian, memperkuat toleransi antar umat beragama di Maluku.

“Semoga di hari yang fitri ini dapat menjadi momen instrospeksi kita untuk sama-sama meningkatkan kedamaian di bumi Maluku. sehingga daerah ini semakin berkembang, baik dari segi keamanan, ekonomi dan pembangunan,” harapnya. (S-10)