AMBON, Siwalimanews – Situasi kamtimbas menjelang hingga berakhirnya perayaan Natal 2023 secara umum berlangsung aman dan kondusif di wilayah hukum Polda Maluku.

Atas kondisi tersebut, Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat maupun stakehokder terkait yang telah turut berpartisipasi dalam mengamankan situasi kamtibmas.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat karena perayaan Natal berjalan aman dan kondusif,” ucap Kapolda kepaa wartawan di Ambon, Kamis (28/12).

Kendati demikian Kapolda mengaku, masih terjadi beberapa kasus yang menonjol karena pengaruh minuman keras. Untuk itu, ia menginstruksikan jajarannya untuk melakukan penanganan secara cepat sebelum berdampak pada terjadinya konflik atau bentrokan yang melibatkan massa.

“Saya sudah perintahkan para Kapolres melalui Bhabinkamtibmas dan Kapolsek-kapolsek beserta rekan-rekan TNI dan instansi terkait agar aktif melakukan himbauan dan pencegahan dan bila perlu lakukan penegakan hukum untuk tidak melakukan pesta-pesta miras yang tidak terkontrol dan berpotensi untuk terjadinya konflik atau bentrok fisik,” tegas Kapolda.

Baca Juga: Setubuhi dan Lakukan Pencabulan, Wattimena Dituntut 16 Tahun Bui

Pada malam pergantian tahun baru nanti, pelaksanaan ibadah juga akan dilaksanakan di tempat-tempat ibadah maupun rumah-rumah warga. Olehnya itu, Kapolda telah memerintahkan semua jajarannya agar dapat melaksanakan pengamanan secara maksimal sehingga rangkaian ibadah dan perayaan malam tahun baru tetap berjalan aman dan kondusif.

“Biasanya juga masih ada ibadah-ibadah agama dan ada juga yang melakukan pesta keluarga atau acara-acara hiburan di tempat umum, sehingga perlu pengamanan yang baik dan terpadu sehingga malam tahun baru bisa berjalan aman dan kondusif,” tutur Kapolda.

Jenderal dengan dua bintang dipundaknya itu juga memerintahkan personel agar melakukan patroli terbuka dan tertup hingga melaksanakan razia dan penegakan hukum terhadap penyalahgunaan miras di lapangan.

“Lakukan patroli di lapangan dan bila perlu lakukan razia dan penegakan hukum terhadap miras dan senjata tajam atau barang berbahaya lainnya, cegah adanya pesta-pesta miras dan kegiatan hiburan yang tidak terkontrol yang berdampak merugikan semuanya,” pinta Kapolda.

Kapolda juga menghimbau masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pergantian tahun hingga pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 nanti.(S-10)