AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sairdekut, minta satuan tugas penanganan Covid-19, baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap penyebaran varian omicron.

Demikian disampaikan Sairdekut kepada Siwalimanews, Rabu (26/1) merespons penyebaran varian omicron yang begitu cepat terjadi pada beberapa kota di Indonesia akhir-akhir ini.

Dijelaskan, kondisi Maluku saat ini memang masih bebas dari varian omicron, namun kondisi ini tidak boleh membuat satgas menjadi lengah, tetapi sebaliknya harus melakukan langkah-langkah antisipatif guna mencegah masuknya varian omicron itu.

“Memang kita masih bebas yah, tetapi jangan lengah dan harus lakukan langkah-langkah antisipatif terhadap varian omicron,” ujar Sairdekut.

Pencegahan kata Sairdekut, dapat dilakukan dengan memperketat protokol kesehatan pada pintu-pintu masuk ke Maluku, seperti bandara, pintu masuk pelabuhan di kabupaten/kota yang selama ini dijadikan sebagai jalur pelayaran masuk keluar Maluku.

Baca Juga: Dinas Lingkungan Gelar Vaksinasi di Seram Utara Barat

Selain itu, proses scranning yang ketat perlu dilakukan satgas, guna mencegah masuknya varian omicron, termasuk dengan melakukan pelacakan terhadap orang yang datang dan bepergian, sebab jika tidak dilakukan pengetatan, maka masyarakat yang menjadi korban.

“Apalagi, selama pandemi Covid-19 melanda Maluku masyarakat sudah begitu susah dengan ekonomi yang tertekan, dan dengan adanya perbaikan ekonomi ini harus tetap dijaga dengan kerja-kerja antisipatif dari satgas dalam rangka mencegah penyebaran omicron di Maluku,” tandas Sairdekut. (S-50)