AMBON, Siwalimanews – Kanwil Kemenang Maluku menggelar Dialog Kerukunan Intern Umat Buddha. Kegiatan yang dipusatkan di Elizabeth Hotel, Selasa (22/3) dibuka Plt Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI Nyoman Suriadarma.

Kegiatan yang diinisiasi Bimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku ini berlangsung dibawa sorotan tema Ale Rasa Beta Rasa Katong Samua Basudara.

Plt Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI Nyoman Suriadarma dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan dialog kerukunan intern umat Buddha dalam rangka meningkatkan pemahaman keagamaan Buddha, serta meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama di Provinsi Maluku.

“Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan terus menerus karena sangat penting dalam rangka peningkatan kualitas pemahaman ajaran agama Buddha, hal ini sejalan dengan program tahun kerukunan,” ujar Nyoman.

Menurutnya, tema sentral yang diambil yakni Ale Rasa Beta Rasa Katong Samua Basudara sangat relevan dengan kearifan lokal di Maluku. Tema ini sejalan dengan salah satu program prioritas Kemenag yang saat ini dilaksanakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas yakni penguatan moderasi beragama.

Baca Juga: Ini Pelaku Pencurian dengan Modus Baru di Mardika

Sebelumnya, Plt Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H Yamin, dalam sambutannya yang dibacakan Kabid Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Maluku La Fata mengatakan, kehadiran Plt Dirjen Bimas Buddha merupakan wujud perhatian untuk umat Buddha dan masyarakat Maluku pada umumnya.

Provinsi Maluku merupakan laboratoriumnya kerukunan umat beragama di Indonesia. Oleh karena itu semangat kerukunan harus terus dipelihara dan ditingkatkan.

“Kita harus tunjukan bahwa Maluku benar-benar menjadi barometer dan contoh bagi daerah lain tentang kerukunan, sehingga diharapkan tokoh dan umat Buddha menjadi agen-agen kerukunan kepada umat dan masyarakat,” ujarnya.

Olehnya itu, dirinya berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta dapat lebih berperan aktif dalan meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama di Provinsi Maluku.

Untuk diketahui, kegiatan ini turut dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis bantuan rumah ibadah dan tanda daftar lembaga keagamaan kepada umat Buddha.

Penyerahan dilakukan oleh Plt Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI Nyoman Suriadarma, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Maluku La Fata, dan Ketua Walubi Maluku Wilhelmus Jauwerissa. (S-21)