AMBON, Siwalimanews – Apresiasi penghargaan insan olahraga terbaik Indonesia itu, tradisinya dilangsungkan di Jakarta oleh Seksi Wartawan Olahraga Indonesia Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI).

Namun Siwo Golden Award tahun ini akan menjadi spesial, sebab kali pertama sepanjang sejarah akan digelar di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

“Kami menyambut baik hasrat Kaltim untuk jadi tuan rumah Siwo Golden Award. Tentu kami surprise dan bangga, karena ini sebuah sejarah bagi kami, juga Kaltim,” ungkap Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (26/6).

Menurut Ariwangsa, malam anugerah Olahraga Siwo PWI sudah mentradisi sejak tahun 1989 dengan kemasan apik dan diberi tajuk Golden Award.

Golden Award ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi tertinggi untuk insan olahraga yang berprestasi terbaik dan memberikan pengabdian tiada henti kepada bangsa dan negara di level internasional.

Baca Juga: Gandeng Dinkes, Pekat IB Gelar Khitanan Massal di Batu Merah

Ketua Panitia Pelaksana Siwo Golden Award Suryansyah yang juga Sekretaris Siwo PWI Pusat menambahkan, penyelenggaraan malam anugerah Siwo Award 2023 ini memiliki makna tersendiri seiring dengan bangkitnya prestasi olahraga Indonesia.

Siwo Kaltim merasakan kebangkitan tersebut dan bersedia menjamu para atlet terbaik serta insan olahraga nasional dalam malam anugerah Siwo Golden Award 2023.

“Prosesnya memang tidak mudah. Tapi Alhamdulillah segalanya berjalan lancar. Semua itu tentu karena kami memiliki visi yang sama untuk memberikan apresiasi kepada para atlet berprestasi,” tutur Suryansyah.

Sementara itu, dalam pematangan perencanaan di Novotel Balikpapan, Sabtu (24/6), Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi menuturkan, kegiatan ini sangat besar dan harus digarap serius, sebab Siwo Golden Award ini dapat menginspirasi para atlet lokal untuk meningkatkan prestasi.

“Saya juga berharap Siwo Kaltim dapat menseleksi dan memberikan penghargaan kepada atlet lokal berprestasi nasional,” imbuh Endro.

Sedangkan Ketua Siwo PWI Kaltim Didda Satria mengutarakan, pihaknya akan melibatkan Siwo PWI Balikpapan dalam kepanitiaan untuk mensukseskan acara tersebut.

“Ini sebuah kerja sama yang baik antara pusat dan daerah. Kami mengharapkan arahan dari Siwo pusat supaya kami bisa segera bekerja dengan baik sebagai tuan rumah,” tandas Didda yang didampingi Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra.

Malam Anugerah Siwo Golden Award 2023 rencananya akan digelar pada 28 Agustus di Novotel, Balikpapan. Acara tersebut rencananya akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, KONI Pusat, KOI, Gubernur Kaltim serta stakeholder olahraga lainnya.

Siwo Golden Award sendiri akan menjadi puncak penghagaan tertinggi bagi para atlet nasional Indonesia. Ada beberapa kategori yang akan diberikan Siwo Pusat seperti atlet terbaik putra dan putri, pelatih terbaik, pembina terbaik, gubernur peduli olahraga dan bupati/walikota peduli olahraga serta atlet disabilitas yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia. (S-06)