AMBON, Siwalimanews – DPD Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon, menggelar khitanan massal, yang berlangsung di Kantor Desa Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Sabtu (24/6).

Selain khitanan massal yang diikuti oleh 76 anak, Pekat IB sekaligus juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Untuk pemeriksaan kesehatan ini, tim kesehatan dari Dinkes berhasil melakukan pemeriksaan terhadap 200 warga.

Ketua DPD Pekat IB Kota Ambon Fadri Nurlette disela-sela kegiatan tersebut kepada wartawan menjelaskan, kegiatan ini digelar dalam rangka momentum hari lahir Pancasila sekaligus menyambut Hari Raya Idul Adha 144 H/2023 M.

“Secara filosofi atau biologis untuk umat Islam, khitanan itu sakral. Jadi ini momentum yang pas. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan menjadi ajang komunikasi dan penguatan, sehingga bakti sosial ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak dan masyarakat,” tandas Nurlette.

Kegiatan bhakti sosial dalam bentuk khitanan massal dan pemeriksaan kesehatan yang merupakan kerjasama dengan Dinkes dan Pemerintah Negeri Batu Merah ini menurut Nurlette, sangat diharapkan bisa menjadi program rutin, sekaligus mewujudkan program prioritas Pemerintah Kota Ambon tahun 2023-2024.

Baca Juga: Pemprov Diingatkan Selektif Distribusi Hewan Qurban

“Kami yakin DPD Pekat IB, pertama agar menjadi parameter bagi daerah lain sebagai upaya memperkuat tali silahturami orang bersaudara atau dalam melayani dengan sukacita memberikan yang terbaik untuk kepentingan dan kesejahteraan yang berkualitas dalam bingkai kebersamaan masyarakat,” tambahnya.

Sementara, Asisten II Pemerintah Kota Ambon Fahmi Sahlatalohy pada kesmepatan itu mengharapkan, khitanan dan pemeriksaan kesehatan gratis ini juga bisa menjadi contoh bagi daerah lain, agar terus peduli dengan sesama dan saling membantu, terutama bagi warga kurang mampu.

“Kami mengharapkan kegiatan ini akan memberikan Efek kesehatan yang luar biasa kepada anak-anak juga masyarakat  di Negeri Batu Merah,” harap Fahmi yang juga Plt Kepala BPBD kota.(S-26)