AMBON, Siwalimanews – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Maluku, Saiful Sahri, melakukan kunjungan kerja untuk pertama kalinya di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Geser, Kabupaten Seram Bagian Timur.

Humas Kanwil Kemenkumham Maluku dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Sabtu (9/4) menjelaskan, lawatan Kadivpas ke salah satu Lapas terpencil di Maluku tersebut merupakan yang pertama kalinya. Disana Kadivpas memberikan suntikan motivasi bagi seluruh jajaran di Lapas Geser.

“Ini adalah suatu kehormatan bagi saya, hadir di tengah-tengah saudara sekalian, untuk melihat dan merasakan langsung kondisi bertugas di Lapas Geser,” ungkap Kadivpas kepada para petugas Lapas.

Menurutnya, tugas di Lapas Geser, butuh komitmen dan semangat yang tinggi, karena berada di pulau yang terpencil, akses transportasi yang cukup sulit, ditambah sarana prasana yang jauh dari kata memadai.

“Terima kasih kepada saudara-saudara sekalian yang tetap menunjukan komitmen dan semangat yang tinggi untuk melayani masyarakat disini, sekaligus menghadirkan panji Kemenkumham di Kabupaten Seram Bagian Timur,” ucapnya .

Baca Juga: Kapolda Dorong Pempus Penuhi Kebutuhan Masyarakat Kariu

Kadivpas juga memberikan motivasi kepada seluruh jajaran untuk tetap menunjukan dedikasi yang tinggi dalam bertugas.

“Bukan sebuah kebetulan saudara-saudara ditempatkan disini. Percaya bahwa ada maksud Tuhan bagi saudara-saudara, maka tetaplah melayani dengan sepenuh hati, jalani karir kita semua sudah diatur Yang Maha Kuasa, sapa bikin bae dapa bae,” cetusnya.

Mantap Kalapas Ambon ini juga mengajak seluruh jajaran Lapas Geser untuk tetap kompak, bekerja sebagai sebuah tim, bangun komunikasi yang baik antar petugas maupun dengan warga binaan.

“Kebiasaan yang dulu-dulu tinggalkan, semua yang dilakukan harus sesuai kententuan, komunikasi yang baik, yang senior menjadi panutan yang baik bagi juniornya, baku kele untuk kemajuan Lapas Geser kedepannya.

Kepala Lapas Geser Idris Kilkoda pada kesempatan itu, menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Kadivpas dan rombongan di Lapas Geser.
“Mewakili seluruh jajaran kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kunjungan Bapak Kadivpas dan rombongan di Lapas Geser. Sebuah kebanggaan dikunjungi orang tua kami dari Kanwil Kemenkumham Maluku, apa yang menjadi instruksi Bapak, akan kami laksanakan,” tandasnya

Sembari berharap usulan relokasi Lapas Geser ke Kota Bula dapat didengar oleh pimpinan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Kehadiran Saiful dan rombongan Divpas Maluku di Lapas Geser dalam rangka Pembinaan, Monitoring, Pengawasan dan Pengendalian sekaligus melakukan safari ramadan bagi seluruh jajaran dan warga binaan di sana. (S-21)