AMBON, Siwalimanews – Serangan penyakit gagal ginjal akut pada anak yang terjadi belakangan ini di sejumlah daerah di Indonesia , memang sangat mengkhwatirkan.

Menyikapi fenomena itu, maka Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy berjanji akan terus mengingatkan masyarakat, terutama para orang tua, agar mewaspadai gejala penyakit pada anak, serta berharap, dengan dukungan doa seluruh warga Kota Ambon, sehingga tidak terdapat kasus gagal ginjal akut yang terjadi di Kota Ambon.

“Untuk pengawasan, kita sudah lakukan dalam bentuk sosialisasi, dan para orang tua diingatkan, ketika anak dengan gejala muntah, demam panas yang tinggi, dan yang paling diperhatikan adalah, ketika pengurangan urin/kencing, maka segera dibawah untuk dikonsultasikan ke fasilitas layanan kesehatan, nanti dari situ, dinas dapat laporannya. Pemantauan yang kami lakukan lewat itu,” ujar Wendy kepada Wartawan di Balai Kota, Rabu (26/10/2022).

Wendy juga mengingatkan masyarakat, agar tidak menggunakan obat sirup pada anak, sampai ada instruksi lanjut dari Kementrian Kesehatan, terkait penggunaan obat sirup tersebut.(S-25)