KEINGINAN kuat, Penjabat Bupati Maluku Tengah,  Mu­hamat Marasabessy, agar mendekatkan pelayanan kesehatan kepada warga didaerah itu, dengan meng­usulkan pembangunan Ru­mah Sakit Umum Pratama, sudah menjadi perhatian Komisi IX DPR RI untuk dibahas.

Sebab, selama ini hanya satu rumah sakit umum milik daerah berpusat di Kota Masohi, ibukota Malteng. Akibatnya, warga setempat khususnya Kecamatan Leihitu, Tehoru, Haruku, dan Seram Utara, biasanya mengalami kesulitan berobat karena jauh dari tempat domisili mereka.

Kepala Dinas Kesehatan  Malteng, Zahlul Ikhsan mengaku, pihaknya telah mendapat informasi terkait usulan 4 RSU Pratama dan sudah menjadi perhatian Komisi IX DPR RI.

“Kami sudah dapat informasi usulan dimaksud untuk 4 RSU Pratama. Jadi sudah menjadi bahan pembahasan DPR. Hanya saja, hasilnya belum kami ketahui,” kata Ikhsan, ketika dihubungi, kemarin.

“Empat lokasi yang direncanakan dibangun RSU Pratama, yakni pembangunan RSU Pratama Seram Kecamatan Tehoru, Pembangunan RSU Pratama Kecamatan Leihitu, pembangunan RSU Pratama Ka­wasan Terpadu Mandiri Kecamatan Seram Utara Kobi Serut, dan pembangunan RSU Pratama Pulau  Haruku.

Baca Juga: KPN dan Badan Saniri Manifestasi Tata Kelola Pemerintahan

“Jadi, kami bersama pak Penjabat Bupati Malteng, awal Oktober 2022 lalu, kita sudah usul sarana pela­yanan kesehatan  rujukan  rumah sakit  Pratama ke Komisi IX DPR RI. Jadi kita masih menunggu perse­tujuan pemerintah pusat,” terang Ikhsan.

Dia mengaku, pihaknya meng­usul­kan pembangunan Rumah Sakit pratama di empat lokasi didaerah itu, untuk memudahkan warga di empat wilayah itu memeriksakan diri Rumah Sakit terdekat.

“Intinya, bagaimana kita mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai arahan pak penjabat Bupati Malteng,” pungkasnya.(S-17)