AMBON, Siwalimanews – PENGURUS Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Maluku Barat Daya masa bakti 2020 – 2024  resmi dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua Harian KONI Provinsi Maluku,  Agus Lomo, bertempat di Ruang Serbaguna Tiakur, Jumat (28/5).

Acara diawali dengan pembacaan Surat Keputusan KONI Provinsi Maluku tentang Pembentukan Personalia Pengurus KONI Kabupaten MBD masa bakti 2020 – 2024 oleh Wakil Sekretaris KONI Provinsi Maluku, Feros Matulessy.

Ketua Harian KONI Provinsi Maluku, Agus Lomo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pengurus KONI Kabupaten Maluku Barat Daya dan seluruh jajarannya atas terlaksananya pelantikan pengurus KONI Kab. MBD  masa bakti 2020- 2024.

Pelantikan pengurus KONI Kabupaten MBD merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program konsolidasi organisasi KONI Provinsi Maluku yang sedang dibangun dan dilaksanakan oleh KONI Provinsi Maluku.

Menurut Agus, pembinaan atlit akan berlangsung baik dan ber­-kesinambungan serta mem­buahkan atlit yang berprestasi apabila pengorganisasian pengurus cabang dapat terkonsolider sehingga tidak statis tetapi menjadi dinamis dalam kancah olahraga prestasi di Provinsi Maluku. Oleh sebab itu perhatian terhadap cabang olahraga di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota menjadi penting dan mutlak dilaksanakan karena disanalah terletak waha­-na pembinaan dan pengem­bangan atlit  yang berprestasi.

Baca Juga: Bupati Hadiri Pembukaan Sidang ke-42 Klasis PP Kisar  

Lebih lanjut pengurus KONI Kabupaten MBD yang baru dilantik diharapkan agar dapat membangun konsolidasi baik secara internal yakni membangun kerjasama, loyalitas dan dedikasi diantara fungsionaris KONI Kabupaten MBD sehingga tetap solid, kokoh dan kuat serta dengan semangat patriot dan dapat menghindari dominasi mayoritas dan tirani minoritas dalam mengelola organisasi. Ataupun secara eksternal yakni konsolidasi yang dilakukan dengan cabang-cabang  olahraga dan juga dengan koordinator olahraga kecamatan jika sudah dibentuk.

“Saya percaya bahwa dengan konsolidasi organisasi yang terencana dan berkesinam­bungan akan menciptakan organisasi yang solid, kokoh dan kuat sehingga pembinaan dan pengembangan atlit tidak akan terabaikan,” kata Agus.

Agus juga menghimbau agar KONI Kabupaten MBD dapat bekerja dengan sungguh-sungguh untuk menjaring atlit-atlit potensial di kabupaten MBD dan mempersiapkan mereka untuk menyongsong event-event olahraga ditingkat Provinsi Maluku, tingkat Nasional maupun tingkat internasional.

Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach saat menyampaikan sambutannya mengharapkan, pengurus KONI yang baru dilantik dapat menggali potensi-potensi atlit yang ada di Kabupaten Maluku Barat Daya melalui pembinaan sehingga dapat menghasilkan atlit yang berprestasi  dan  juga dapat mengajarkan anak-anak muda untuk  berkompetisi dengan baik bagi kabupaten ini dimasa yang akan datang.

Pengurus KONI yang baru juga harus mampu mencari bakat-bakat atlit yang baru di seluruh wilayah Maluku Barat Daya, karena keterbatasan transportasi  dan keterbatasan ekonomi, banyak anak-anak yang ada di desa tidak mampu menunjukan prestasi mereka,  untuk itu melalui kunjungan ke kecamatan dan desa serta komunikasi yang baik  diharapkan akan mampu menemukan atlit yang berprestasi di wilayah ini.

Dalam masa pandemi Covid-19, olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan pribadi dan keluarga untuk hal ini Bupati mengharapkan kondisi ini harus tetap dijaga sekalipun nantinya kondisi pandemi Covid-19 berakhir.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya akan tetap membantu, mendorong dan  men­dukung  seluruh kegiatan olahraga di Kabupaten Maluku Barat Daya terutama kegiatan-kegiatan yang menghasilkan prestasi bagi kabu­paten ini. Pemerintah Daerah juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus bagi Pe­ngurus KONI periode sebelumnya atas tugas dan tanggung jawabnya selama ini dan sampai terlaksa­nanya pelantikan Pengurus KONI saat ini,” kata Bupati.

Pesan penting dari Bupati MBD bagi pengurus KONI yang baru dilantik agar dalam mencari atlit-atlit yang ada di Maluku Barat Daya, tidak memandang latar belakang dan hubungan  keke­rabatan tetapi jika ada  sese­orang yang mempunyai kemampuan dibidang olahraga tertentu dan  hendak menjadi atlit harus  didorong dan dibina agar kelak dapat menjadi atlit yang berprestasi bagi Maluku Barat Daya.

Hadir dalam pelantikan ini, Bu­pati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, Wakil Bupati Maluku Barat Daya. Agustinus L. Kilikily, Ketua DPRD Kabupaten MBD Kajari MBD, Dandim Pulau Moa, Kabag OPS Polres MBD, Sekre­taris Daerah Kabupaten MBD, Pim­pinan OPD Lingkup Penda Kabu­paten MBD, Anggota DPRD dan Pimpinan BUMD serta Pengurus KONI Propinsi Maluku. (S-16)