GUBERNUR Maluku Murad Ismail meresmikan secara langsung Gedung Ruang Kelas Baru MAN 3 SBT, di Negeri Namalean Kecamatan pulau Gorom, Kabupaten Seram Ba­-gian Timur, Selasa (14/3).

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie, Sekda Kabupaten SBT Jafar Kwairumaratu, Kakanwil Agama Provinsi Maluku H.Yamin, Ketua TP-PKK Kab SBT Yulia Misa Keliobas, serta Pimpinan OPD lingkup Provinsi Maluku dan Kabupaten SBT.

Peresmian RKB MAN 3 SBT ini ditandai dengan penandatanganan batu prasasti yang dilakukan Gubernur Maluku dan Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, serta pengguntingan pita oleh Gubernur Maluku.

Gubernur Maluku dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kakanwil Kemenag Maluku, atas keberhasilannya membangun gedung di beberapa kabupaten/kota.

“Kanwil Agama telah membangun gedung madrasah luar biasa megah seperti ini. Untuk itu, saya minta guru, pendidik, dan tata usaha bisa menjaga serta merawat untuk memperpanjang usianya,” tegasnya

Baca Juga: Pemkab SBT Bantu 100 Juta Bangun Masjid Nurul Huda

Ia meminta agar Pemerintah Daerah tetap membantu pembangunan dan bekerjasama dengan Kakanwil Agama, agar anak-anak di Maluku ini bisa diangkat derajat pendidikannya

“Dengan dibangunnya RKB ini, merupakan pintu masuk dalam rangka mempercepat pendidikan dan mutu pendidikan di daerah ini, dalam bentuk pembangunan RKB yang merupakan wujud kepedulian Kemenag di Provinsi Maluku, untuk menata serta melayani pemenuhan standar pendidikan nasional,” pungkasnya.

Dirinya berharap, dengan dibangunnya gedung baru ini dapat dilakukan perluasan pendidikan pada daerah agar dapat seluruh anak usia sekolah l tetap mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu.

“Saya ingin mengingatkan kepada basudara semua, khususnya guru, pegawai, tata usaha dan peserta didik untuk kalesang sekolah ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas menyampaikan, penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Maluku karena ditengah berbagai kesibukannya, Gubernur masih meluangkan waktu untuk meresmikan Madrasah Aliyah Negeri 3 SBT

“Saya mengucapkan terima kasih secara pribadi kepada Gubernur Maluku, mudah-mudahan keberlangsungan dan kekeluargaan ini bisa tetap dipupuk secara erat untuk kepentingan bersama kedepan,” ujar Bupati SBT.

Ia juga meminta kepada Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku untuk meningkatkan terobosan dan capaian seperti ini, agar dapat meningkatkan SDM yang mendalami ilmu agama sehingga tercipta SDM yang bagus untuk akselerasi pembangunan pendidikan di Kabupaten SBT. “Perkembangan pendidikan khususnya di SBT, yang dibangun Kementerian Agama memang sudah meng­alami perkembangan luar biasa jika dibandingkan dengan 2 sampai 3 tahun lalu, yang men­-jadi pilihan kedua, tetapi saat ini menjadi pilihan pertama masya­rakat SBT untuk melanjutkan pendidikan,” katanya.

Keliobas menambahkan, sesuai kewenangan pemerintah kabu­paten tidak bisa banyak membantu, tetapi dengan keter­-batasan yang dimiliki, pihaknya akan tetap memberikan perhatian.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan kelas, serta penyerahan sembako untuk 150 orang. (S-08)