BULA, Siwalimanews – Menjelang bulan Ramadan, pemerintah kabupaten seram bagian timur memastikan stok kebutuhan masyarakat mencukupi.

Pelaksanaan tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan SBT Husein Mony mengungkapkan ketersediaan stok sembako mengalami surplus atau stabil menjelang bulan Ramadan.

“11 komoditi yang menjadi bagian daripada kewenangan Dinas Ketahanan Pangan mengalami surplus,” terang  Husein kepada Siwalima di ruang kerjanya, Senin (4/3).

Selain ketersediaan stok, harga sembako di pasaran juga relatif stabil sehingga tidak mempengaruhi terhadap kenaikan harga jelang bulan Ramadan.

Untuk stok beras sampai saat ini mencukupi dan harga beras masih terjaga termasuk beras kualitas medium yang menjadi konsumsi masyarakat.

Baca Juga: Warga Pulau Sumbawa-Bajo Kini Nikmati Listrik 24 Jam

“Harganya tetap masih sesuai, dan itu tidak lebih dari harga head, terangnya.

Sementara untuk beras kualitas premium harganya tetap melonjak, karena pasokannya itu keluar dari wilayah Maluku.

Pihaknya juga telah mengantisipasi terjadi lonjakan harga sembako jelang Ramadan dengan melakukan koordinasi dengan pihak Polres untuk melakukan operasi pasar bersama dengan tim satgas pangan.

“Ketika terjadi lonjakan harganya minimal kita akan lakukan koordinasi dengan dari pihak Bulog, maupun para pedagang untuk tetap menjaga stok pangan tetap masih ada,” jelasnya. (S-27)