AMBON, Siwalimanews – Menjelang perhelatan pemilu serentak di tahun 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku mulai minta dukungan DPRD Maluku terkait dengan tahapan persiapan.

Usai bertemu Ketua DPRD, Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun kepada wartawan menjelaskan kedatang pihaknya ke DPRD dalam rangka meminta dukungan terkait dengan agenda pemilu serentak mendatang.

“Jadi ini agenda rutin salah satunya berkomunikasi dengan DPRD Provinsi Maluku, salah satunya meminta dukungan terkait dengan persiapan pemilu serentak mendatang,” ungkap Kubangun kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (28/7).

Untuk tahapan pemilu serentak tahun 2024 mendatang kata Kubangun, KPU RI telah menetapkan, proses persiapan dimulai sejak September 2022 mendatang.

Sebagai wakil rakyat, dukungan DPRD Provinsi Maluku sangat dibutuhkan, sebab fungsi pengawasan penting dalam melihat persoalan yang dihadapi di pilkada dan pemilu agar bersama-sama menyelesaikannya.

Baca Juga: Demo Mahasiswa di Balai Kota Ricuh

“Selain itu, persolan data pemilih dan infrastruktur lainnya sangat penting diketahui, seperti jaringan yang berkaitan dengan aplikasi yang diterapkan juga penting untuk mendapatkan dukungan DPRD agar diselesaikan,” ucap Kubangun.

Pada kesempatan itu, KPU juga memberikan apresiasi terkait dengan dukungan pemangku kepentingan dalam hal ini DPRD Maluku berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu serentak 2020 di empat kabupaten yang telah dikakukan.

Kubangun berharap, dengan adanya koordinasi dan komunikasi yang dibangun sejak dini, dapat menekan masalah yang berpotensi terjadi jelang pemilu serentak di tahun 2024 mendatang. (S-50)