AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, dikabarkan terpapar Covid-19. Selain walikota, dua anak dan istrinya juga sudah terpapar virus mematikan itu.

Informasi yang diperoleh Siwalima menyebutkan, awal­nya anak laki-lakinya Grevan­dro, lebih dahulu divonis Corona. Bahkan namanya sudah tercatat di Gustu Penanganan Covid-19 Kota Ambon.

“Grevandro sudah seminggu lalu divonis,” kata sumber Siwa­lima di Gustu Kota Ambon, Selasa (27/7).

Yang terbaru masih kata sum­ber itu, Gustu Kota melakukan pemeriksaan intensif kepada walikota, istrinya Debby Louhe­napessy dan anak perempuan­nya Erlene, baru diketahui kalau mereka terpapar,  setelah menja­lani Swab test PCR di Rumah Sakit FX Rahardjo Ambon.

Lantaran terlena virus mema­tikan itu, orang nomor satu di Pem­kot Ambon ini beserta istri dan anaknya diharuskan meng­ikuti isolasi di Rumah Sakit Umum Leimena.

“Ibu Debby dan Erlene sudah tiba di rumah sakit tersebut Selasa (27/7), sekitar pukul 13.00 WIT, pak walikota juga,” ujar sumber tadi.

Sumber ini mengaku, mantan Ketua DPRD Maluku itu harus menjalani isolasi di rumah sakit lantaran dirinya juga terdapat comor­bit.

“Takutnya comorbitnya kenapa-kenapa ya. Jadi sebaiknya beliau dirawat atau diisolasi di rumah sakit. Bukannya apa, ini untuk menjaga-jaga saja biar beliau dikontrol di sini. Kan kita menjaga jangan sampai comorbitnya kambuh itu aja,” katanya.

Sejauh ini, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ambon secara resmi belum mau menyampaikan kabar Walikota Ambon positif Covid-19.

Kadinkes Kota Ambon, Wendy Pe­lupessy enggan menjawab tele­pon termasuk menjawab pesan WhatsApp.

Rupanya Wendy sebagai tenaga kesehatan yang juga kepala dinas kesehatan masih menganggap virus ini tabu untuk dibicarakan secara terbuka.

Karenanya, orang atau pejabat yang terpapar tidak perlu disampai­kan ke publik. Padahal Wendy lupa walikota sebagai pejabat publik yang kerap bersentuhan langsung dengan masyarakat harus disam­paikan kondisi kesehatannya jika benar terpapar Covid-19.

Hal itu sebagai upaya untuk mem­permudah tracking guna memutus­kan mata rantai penyebaran virus mematikan itu.

Walau demikian, sumber lain di Rumah Sakit Umum Pusat Leimena memastikan kondisi Walikota dan keluarganya saat ini baik-baik saja.

Memang tambah sumber tersebut, Walikota menginginkan dirawat di rumah sakit disebabkan yang ber­sangkutan saat ini menderita pe­nyakit diabetes atau gula darah.

“Ya kalau dirawat di rumah sakit itu kan lebih baik, supaya ada pengawasan dan kontrol. Comorbit beliau kan diabetes. Jadi keluarga takut kambuh. Nah, ini yang harus diantisipasi dengan jalan dirawat di rumah sakit dan bukan di rumah atau di tempat isolasi lainnya,” beber sumber itu.

Sementara itu, Juru Bicara Covid-19 Provinsi Maluku, Doni Rerung menolak berkomentar. “Maaf silah­kan konfirmasi ke Satgas Kota ya,” ujar Rerung sambil menutup telepon selulernya.

Terpisah, juru bicara Satgas Covid19 Kota Ambon Joy Adria­ansz, membenarkan kabar Walikota Ambon Richard Louhenapessy positif terpapar Covid-19.

“Benar Walikota Ambon terpapar Covid-19,” kata Jubir ketika di­kon­firmasi via seluler, Selasa (27/7) malam.

Dirinya menjelaskan kronologi Walikota positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil tracing dan testing kontak erat sopir walikota yang lebih dulu terpapar beberapa waktu lalu.

“Proses 3T dilakukan terhadap kon­tak erat yaitu Walikota Ambon dan keluarga berserta semua staf dan ART yang ada di rumah jabatan,” katanya.

Dijelaskan untuk tes swab PCR  Walikota, istri dan anaknya dilaku­kan di Rumah Sakit FX Rahardjo Ambon.

Sementara untuk anggota keluar­ga yang lain, bersama staf dan ART hasil pemeriksaan dari BPTKL baru keluar selasa sore ini.

“Dari hasil swab PCR, ternyata yang positif ada empat orang yakni Walikota, Istri, anak Walikota inisial Erlene, dan satu orang ART, se­men­tara yang lainnya negatif,” terang­nya.

Menurutnya, saat ini keempatnya, tengah menjalani isolasi dan pera­watan di RSUP dr Leimena.

“Kondisi kesehatan Bapak Wali­kota dan keluarga sangat baik, dan saat ini dalam perawatan di RSUP dr Leimena,” jelasnya.

Jubir mengingatkan, Covid-19 ada­lah virus berbahaya yang bisa menyerang siapa saja, termasuk Walikota Ambon dan keluarga yang selalu menerapkan disiplin prokes 5M secara Ketat.

Oleh sebab itu, masyarakat dihimbau agar selalu berhati-hati dan menerapkan proto­kol kesehatan. (S-32)