AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Irjen Lot­haria Latif mengingatkan seluruh personel untuk bersikap netral menjelang Pemilihan Umum yang akan berlangsung bulan Februari 2024 mendatang.

Menurutnya, sebagai ang­gota Polri wajib netral dan harus menjadi contoh yang baik di tengah-tengah masyarakat.

“Sebagai anggota Polri wajib netral dan harus menjadi contoh di masyarakat. Koordinasi de­ngan KPU dan Bawaslu agar Pemilu dapat terlaksana dengan aman dan lancar,”  ingatkan Ka­polda kepada selurh personel­nya saat mengunjungi Polsek Kei Kecil Timur Kabupaten Ma­luku Tenggara, Kamis (22/6), usai peresmian monumen Pahlawan Revolusi Aipda Anumerta Karel Sadsuitubun di Desa Ruma­dian, Kecamatan Manyeuw.

Kata Kapolda, pelaksanaan Pemilu yang sudah didepan mata, dan tahapan tahapan yang sudah mulai berjalan, Kapolda meminta jajaran­nya khusus di Malra dan Kota Tual untuk bisa mengantisispasi potensi konflik dengan mengaungkan kampanye damai.

Dalam kunjungan itu, Kapolda menyapa dan mengingatkan perso­nel Polsek Kei Kecil Timur, maupun Polres Maluku Tenggara agar selalu bekerja dengan hati dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat.

Baca Juga: Bentrok Wakal-Hitu, Empat Jadi Tersangka,Warga Blokir Jalan

“Wajib hukumnya bagi kita untuk menjaga keamanan dan ketertiban dengan baik serta memberikan pe­layanan terbaik kepada masyara­kat,” ujar Kapolda dalam arahannya.

Para personel Polri di Maluku Tenggara maupun di Kota Tual juga diingatkan untuk senantiasa menja­lan­kan program Presisi Kapolri dan Program Basudara Manise Kapolda Maluku.

“Maluku memiliki karateristik tersendiri. Banyak potensi konflik yang muncul di tengah masyarakat sehingga program Basudara Manise menjadi solusi dengan mengede­pankan upaya-upaya preemtif dan preventif,” tuturnya.

Seluruh elemen masyarakat, lanjut Kapolda, harus dirangkul dan diajak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Wilayah yang aman dan nyaman  serta dapat meningkatkan pembangunan maupun membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

“Program Basudara Manise bertujuan, menjadikan Maluku aman, damai dan sejahtera. Menjaga rasa aman dan nyaman dapat menarik investor. Investor akan berani untuk berinvestasi. Apalagi Maluku Tenggara ini kaya dengan keindahan tempat-tempat wisatanya,” ungkap Kapolda. (S-10)