AMBON, Siwalimanews – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, maka Pertamina Wilayah Maluku diingatkan untuk memastikan ketersediaan bahan bakar minyak, agar tidak terjadi kelangkaan.

Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Maluku Ruslan Hurasan kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Selasa (15/11) mengatakan, perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan rutinitas setiap tahun, yang mestinya menjadi perhatian serius Pertamina dan Pemprov Maluku melalui dinas terkait.

Infomasi akan adanya kelangkaan BBM menjelang Natal dan Tahun Baru, harus menjadi prioritas Pertamina dan pemprov untuk segera diatasi, termasuk melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, khususnya Kementerian ESDM dan BPH Migas.

“Memang ini rutinitas, tetapi harus diantisipasi jangan sampai terjadi kelangkaan menjelang Natal dan Tahun Baru. Koordinasi harus tetap dibangun, agar informasi akan adanya kelangkaan BBM itu dapat diatasi,” ucap Hurasan.

Pertamina dan Pemprov Maluku mestinya belajar dari pengalaman ditahun-tahun sebelumnya, sebab DPRD  tentu tidak menginginkan terjadi kelangkaan BBM, termasuk kenaikan harga pada daerah-daetah tertentu.

Baca Juga: Kodim Saumlaki Laksanakan Program Babinsa Masuk Dapur

Untuk itu, Komisi II akan akan memanggil Dinas ESDM dan Pertamina guna mempertanyakan langsung langkah-langkah strategis yang telah diambil dalam upaya mencegah kelangkaan di Maluku, sebab jika tidak diantisipasi, maka akan berdampak terhadap kenaikan harga bahan-bahan pokok yang lain.

“Dalam waktu dekat DPRD akan panggil untuk bicarakan semua hal terkait dengan persiapan hari besar terutama Natal dan Tahun Baru, termasuk kita harus cegah terjadinya penimbunan BBM agar tidak terjadi kelangkaan dan kenaikan harga,” janji Hurasan.(S-20)