AMBON, Siwalimanews – Umat Muslim di Indonesia dan secara khusus Provinsi Maluku bakal memasuki perayaan Idhul Fitri 1444 hijriah yang akan berlangsung pada pekan ini.

Merepons hal ini anggota DPRD Provinsi Maluku Elviana Pattiasina pun mengingatkan seluruh lapisan masyarakat khususnya umat muslim yang akan melakukan mudik lebaran di kampung halaman untuk lebih waspada terhadap cuaca ekstrim yang sewaktu-waktu terjadi.

“Kebiasaan kita di Maluku itu kan setiap kali libur lebaran pasti masya­-rakat melakukan mudik karena itu kami minta agar mewaspadai cuaca jika melakukan perjalanan dengan menggunakan spead boad ataupun long boat,” ujar Pattiasinna kepada wartawan di Ambon, Sabtu (15/4).

Dijelaskan, sebagai Provinsi yang memiliki ribuan pulau maka potensi kecelakaan laut pun juga tinggi maka menjadi kewajiban bagi semua masyarakat untuk mematuhi semua himbauan yang dikeluarkan pihak terkait khususnya bagi masyarakat menggunakan spead boat atau long boat untuk penyeberangan antar pulau.

Pemerintah kata Pattiasina, tidak memiliki kewenangan untuk mela­rang masyarakat dalam melakukan mudik lebaran karena itu merupakan hak dari warga negara tetapi peme­rin­tah harus mematikan aktifitas pe­layaran dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: 8 Jam Terapung di Laut, 118 Penumpang KM Eno Dievakuasi

“Prinsipnya kalau ada himbauan dari BMKG maka wajib ditaati oleh semua pemangkuan kepentingan termasuk masyarakat pemudik agar dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman dengan baik,” tegasnya.(S-20)