AMBON, Siwalimanews – Hewan kurban kini mulai diburu oleh masyarakat di Kota Ambon untuk merayakan Hari Raya Idhul Adha 1442 Hijriyah yang jatuh pada 20 Juli nanti.

Lantaran mulai banyak diburu pelanggan, maka harga hewan kurban di Kota Ambon saat ini mulai melonjak.

Subhan Darwis, pedagang hewan kurban di kawasan eks Taman Victoria saat ditemui Siwalimanews mengaku, hewan kurban miliknya yakni Kambing didatangkan langsung dari Kabupaten MBD (Kisar dan Moa), untuk harganya dijual pada kisaran Rp 2,5 hingga 4 juta per ekor.

“Kalau untuk sapi itu kita datangkan dari Pulau Seram. Dulu kita jual pada kisaran Rp 6 hingga Rp 7 juta, skerang dijual bisa sampai Rp 10 juta keatas,” ucap Darwis kepada Siwalimanews di sela-sela kesibukannya memberi makan hewan kurbannya, Rabu (30/6).

Ia mengaku, perbedaan harga sapi dan kambing jika dibandingkan tahun ini sangatlah berbeda. Untuk sapi jauh peningkatannya, karena sapi di tahun kemarin para pedagang mematok dengan Rp 100 ribu/kg, namun tahun ini Rp 120 ribu bahkan bisa lebih, karena harga daging sapi saat ini ada pada kisaran Rp 110 hingga Rp 120 ribu/kg dipasaran.

Baca Juga: Wawali & Kadinkes Beda Soal Varian Baru Covid

“Biasanya sapi yang beratnya 100 kg bisa di jual dengan harga Rp 10 juta, namun untuk saat ini dijual Rp 12,5 sampai Rp 13 juta,” ungkapnya.

Sapi dan kambing miliknya ini, nantinya sebelum dijual terlebih dahulu akan diperiksa kesehatannya oleh Dinas Pertanian dan Peternakan, sebab mereka yang akan menilai hewan kurban mana yang layak untuk dijual.

Pedagang lainnya Elly mengaku, untuk harga kambing harganya disesuaikan dengan ukuran dan berat badanya, begitupun sapi,

“Untuk kambing ukuran besar itu dijual bisa capai Rp 4 juta. Kalau sapi harganua untuk saat ini sangat tinggi tergantung jadi kita jual itu untuk ukuran 100 kg bisa Rp 10-12 juta.

Ia mengaku, walaupun harganya naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, namun ia sangat yakni para pembeli tetap akan membelinya. (S-51)