AMBON, Siwalimanews – Januari 2021 Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melaksanakan proses pelelangan untuk pengerjaan jalan Gadihu Indah, Kebun Cengkeh Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau.

“Jadi kita akan lelang pada akhri Januari. Proses lelang ini kan satu bulan, jadi bisa sampai dengan akhir Februari 2021 baru lelang selesai,” jelas Kepala Dinas PUPR Kota Ambon, Enrico Matitaputty kepada Siwalima Senin (16/11).

Menurutnya, usai proses tersebut, pihaknya akan segera melaksanakan pekerjaan sesuai dengan permintaan masyarakat yakni pekerjaan menyeluruh yang dimulai dari awal.

“Selesai lelang pada akhir Februari 2021, maka akan langsung dilanjutkan dengan proses pekerjaan jalan secara keseluruhan. Terkait dengan proses jalan Gadihu, saya rasa sudah tidak ada kendala apa-apa lagi,” kata Matitaputty.

Ia mengungkapkan perbaikan jalan Gadihu akan dilakukan pada April, setelah proses lelang yang dilaksanakan dalam kurung waktu satu bulan tersebut selesai “Mungkin April udah  jalan nanti proses lelang dulu,” tuturnya.

Baca Juga: Pjs Bupati MBD Kunker ke Pulau Babar

Pekerjaan jalan Gadihu Indah tersebut sebelumnya dianggarkan APBD, tapi karena Covid, tahun depan akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) kurang lebih sebanyak Rp 2.2 Miliar.

“DAK untuk melakukan pembangunan jalan Gadihu Indah sudah disepakati. Kita tinggal menunggu prosesnya, seperti yang saya katakan tadi, yaitu dilelang dulu baru bisa dikerjakan,” ungkap Matitaputy.

Diakuinya, pembangunan jalan Gadihu yang sempat tak berjalan, lantaran dana yang dialihkan untuk penanganan Covid-19 tersebut, telah disetujui dari berbagai aspek termasuk anggaran.

“Jadi kita tinggal jalan saja, untuk 2021 mendatang. Tidak ada masalah lagi,”ujarnya.

Ditambahnya, pengerjaan jalan tersebut juga telah disetujui oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy, dan menjadi prioritas utama oleh Pemkot Ambon pada tahun anggaran 2021 mendatang.

“Ini dibuktikan dengan disetujuinya DAK Rp 2.2 Miliar itu,” tandasnya.

2021 Diperbaiki

Seperti diketahui, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy memastikan, jalan di kawasan Gadihu Kebun Cengkeh, Desa Batu Merah, akan diperbaiki di tahun 2021 dengan anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Menurutnya, anggaran perbaikan jalan ini sebenarnya sudah diusulkan dalam APBD 2020, namun adanya covid, maka di refocussing sehingga anggarannya diahlikan.

“Memang untuk anggarannya sudah ada di tahun 2020 tapi refocussing sehingga tidak bisa dilaksanakan, tapi sekarang sudah dianggarkan di tahun 2021,” ucap wallikota kepada wartawan di Balai Kota Ambon.

Sebenarnya kata walikota, ide untuk perbaiki jalan itu datang dari dirinya, karena itu merupakan jalan alternatif dirinya sejak tahun 2019. Jika tidak terjadi pandemi Covid jalan itu sudah diaspal.

Untuk itu ditahun 2021 mendatang jalan ini maksud alam prioritas utama, karena anggaran perbaikannya masuk dalam DAK senilai Rp 2,2 miliar. “Saya harap, masyarakat Gadihu untuk bisa bersabar, karena pro­-ses pengerjaan akan dilaku­kan tahun depan,” pintanya. (Cr-6)