AMBON, Siwalimanews – Jamaludin Bugis resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Maluku setelah dilantik dan diambil sumpahnya  oleh Menteri Agama RI Fachrul Razi, secara virtual, Jumat (10/7).

Kepada wartawan usai pelantikan tersebut, Jamaludin Bugis mengatakan, pelantikan ataupun mutasi jabatan pada isntansi pemerintah sesungguhnya merupakan sebuah langkah untuk meningkatan kualitas kerja dari setia instasi termasuk di Kanwil Kemenang Maluku.

“Insya Allah amanat dari Menteri Agama akan jadi acuan bagi kinerja saya. 100 harikerja saya kedepan akan saya buat sebuah perbaikan atau perubahan. Sementara  apa yang telah jadi prestasi yang dilakukan oleh pejabat lama akan tetap dipertahankan,” janjinya.

Dijelaskan, inovasi akan menjadi langkah yang diambil Kemenag Maluku. Selain itu, tiga program akan diprioritaskan dalam masa kepemimpinannya kedepan.

Ketiga program itu yakni, peningakatan pemahaman masyarakat Maluku terhadap agama yang dianutnya, serta kualitas kerukunan umat bergama dan penguatan moderasi agama.

Baca Juga: Belum ada Penindakan bagi Pelanggar Ganjil Genap

“Tiga faktor inilah yang menjadi langkah yang akan diambil dalam rangka menciptkan Maluku yang toleran, rukun dan miliki pemahaman yang baik yang didalamnya saling menghormati, menerima kemajemukan dalam perbedaan-perbedaan yang ada dalam kehidupan berbudaya di provinsi ini,” ujarnya.

Untuk Embarkasi Antara, kata Bugis, tetap akan diwujudkan di Provinsi Maluku, sebab ini merupakan prioritas dari Kemenag Maluku kedepan.

“Insya Allah kita berupaya untuk tahun 2021 Maluku sudah miliki embarkasi antara dalam rangka memutus mata rantai tingkat kesulitan dari jamaah haji yang berasal Maluku,” tutupnya.(Mg-5)