AMBON, Siwalimanews – Pemudik mulai memadati jalur udara melalui Bandara Internasional Pattimura pasca pemerintah melongarkan aktivitas masyarakat.

PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Pattimura mencatat sejak 24 April sampai 26 April tercatat sudah ada 19.552 orang penumpang yang diangkut dengan 127 penerbangan.

Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo meninjau kesiapan posko terpadu angkutan udara lebaran di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Rabu (27/4) mengaku pada 29 April mendatang jumlah penumpang bisa meningkat menjadi 4000 lebih.

“Setelah diperbolehkannya mudik lebaran tahun ini, dipastikan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang dibandingkan dengan hari biasa,” kata Andreas.

Menurutnya kehadiran dirinya bersama rombongan ingin melihat langsung aktivitas calon pemudik di Bandara Internasional Pattimura, menjelang hari raya Idul Fitri 2022 serta meninjau kesiapan sarana dan prasarana.

Baca Juga: Danrem Hadiri Pelantikan PW GP Ansor Maluku

Peninjauan kali ini juga dilakukan sekaligus mengecek kesiapan personel posko terpadu angkutan udara di Bandara Internasional Pattimura yang terdiri dari personel Lanud Pattimura, Angkasa Pura, KKP, Polsek Bandara dan Basarnas.

“Kita akan tetap fokus memastikan pelaksanaan protokol kesehatan tetap terlaksana, sehingga pelaksanaan mudik lebaran tahun ini dapat berlangsung dengan aman dan sehat,” jelas Andreas.

Untuk mudik kali ini juga dari Angkasa Pura I memastikan ada layanan tambahan di Bandara Internasional Pattimura antara lain layanan PCR gratis bekerjasama dengan BTKL-PP Ambon, vaksinasi gratis bekerjasama dengan Lanud Pattimura serta mulai Minggu ini diberlakukan pelayanan Bus Damri sebanyak 2 unit yang melayani perjalanan dari bandara ke Kota Ambon dan sebaliknya.

Hadir dalam peninjauan ini  Operation  Manager Angkasa Pura I Pattimura  Randy Mikael, Dansatpom Lanud Pattimura Mayor Pom Adi Firmandadi, Kapolsek Bandara Pattimura, Airport Duty Manager Bandara Pattimura, Bea dan Cukai Kota Ambon, Koordinator KKP Wilayah Kerja Bandara Pattimura, perwakilan personel Dinas Perhubungan Maluku. (S-21)