AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif mengunjungi Kampus Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon di Desa Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Kamis (9/6).

Kapolda yang didampingi Irwasda Kombes Jannus Parlindungan Siregar, Karo Ops Kombes Asep Saepudin, Dirintelkam Kombes Rali Muskita, Direktur Binmas Kombes Denny Abrahams, Karo SDM Kombes Deni Y Putro dan Kabid Humas Kombes M Rum Ohoirat tiba di kampus yang dijuluki Kampus Harmoni itu disambut Rektor IAKN Yance Zadrak Rumahuru, bersama para wakil rektor dan dekan.

Kunjungan Kapolda sendiri bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama dibidang pendidikan itu berlangsung di ruang kerja rektor.

“Kami sampaikan terima kasih atas sambutan yang dilakukan oleh pak rektor dan para pejabat utama. Kunjungan kami ke sini untuk mewujudkan silaturahmi, kerjasama dan sinergitas Polda Maluku dengan IAKN Ambon sebagaimana program presisi Polri saat ini,” ungkap Kapolda.

Kapolda mengaku, Polda Maluku mempunyai program Basudara Manise. Manise artinya Maluku Aman, Damai dan Sejahtera. Program ini bertujuan untuk memberikan semangat orang bersaudara, antar sesama dalam mewujudkan Maluku yang aman dan damai.

Baca Juga: Pangdam: TMMD Harus Ikuti Perkembangan Terkini

“Jadi program Basudara Manise ini artinya semangat bersaudara mewujudkan Maluku yang Aman, Damai dan Sejahtera (Manise),” jelasnya.

Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada IAKN Ambon yang sudah menyiapkan SDM terbaik di wilayah Maluku, untuk itu diharapkan adanya kerja sama yang baik dibidang pendidikan, sehingga akan berdampak pada meningkatnya kemampuan SDM Polri yang unggul di masa yang akan datang.

 

“Kami Polda Maluku dengan segala keterbatasan yang ada kiranya dengan sinergitas dan kolaborasi yang baik antara Polda Maluku dan IAKN Ambon dibidang pendidikan dapat mewujudkan anggota Polri yang unggul dan berkualitas di wilayah Maluku,” harapanya.

Menurut Kapolda, wilayah Maluku masih banyak persoalan yang belum terselesaikan. Ini menjadi tanggung jawab bersama untuk menyelesaikannya.

“Kita Polri dengan mengedepankan restorasi justice berharap dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Olehnya itu dibutuhkan dukungan semua pihak dalam menjaga Maluku yang aman dan damai,” tandanya.

Saat ini kata Kapolda, Polda Maluku telah membuka ruang pengaduan masyarakat lewat aplikasi Polri Presisi yang ada pada bidang itwasda. Masyarakat yang ingin menyampaikan saran masukan ataupun pengaduan terkait pelayanan Polri, dapat mendatanginya kapan saja.

Sementara Rektor IAKN Ambon Yance Rumahuru, memberikan apresiasi atas kunjungan Kapolda bersama para pejabat utama Polda Maluku.

“Kami selaku pimpinan IAKN Ambon sangat bangga dengan kunjungan Kapolda Maluku bersama pejabat Polda di Kampus IAKN Ambon ini. Karena selama ini baru pernah ada Kapolda Maluku yang datang mengunjungi kampus kami sehingga ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kami,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya kunjungan Kapolda dapat membuka ruang silaturahmi dan kerja sama antara Polda Maluku dengan IAKN Ambon ke depan.

Untuk diketahui, di sela-sela kunjungannya, Kapolda juga menyempatkan waktu untuk menyapa para mahasiswa, termasuk yang berasal dari wilayah Papua dan Papua Barat yang sedang menempuh pendidikan strata 1 jurusan musik di Kampus IAKN Ambon.(S-10)