AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD daerah pemilihan Kabupaten Maluku Tengah, Ruslan Hurasan mendesak Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas PUPR segera memperbaiki akses jalan masuk ke Desa Suli, Kecamatan Salahutu yang telah rusak parah.

Hurasan mengungkapkan, pihaknya menerima laporan jika ruas jalan Suli rusak parah sepanjang satu kilometer menuju pemukiman warga pengungsi Tual dan Larike.

“Setelah saya kros check dengan masyarakat setempat, mereka menuturkan kerusakan tersebut sepanjang kurang lebih 1 kilometer,” beber Hurasan.

Dijelaskan, akses jalan tersebut pembangunan awalnya bersumber dari APBD Provinsi Maluku tahun 2007 pada masa Pemerintahan Gubernur Karel Albert Ralahalu dan hanya dibangun dengan lapisan penetrasi yang memicu kerusakan parah akibat curah hujan dan pekerjaan yang amburadul.

Akibatnya, kerusakan yang terjadi sudah cukup lama namun belum kunjung diperbaiki dinas teknis terkait, sehingga warga berinisiatif menutup jalan yang berlubang dengan lapisan beton.

Baca Juga: Murad Lupa Sebut Pembangunan Ambon New Port Proyek Gagal

Hurasan menegaskan, kondisi jalan rusak tersebut telah menyebabkan masyarakat sulit beraktivitas dengan baik, bahkan ada juga yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas sehingga harus segera ditangani oleh Dinas PUPR Maluku.

“Untuk itu, kami sangat berharap perhatian dari Pemprov Maluku melalui dinas teknis terkait agar segera memperbaiki dan memberikan aspek kenyamanan dan keamanan berkendara bagi masyarakat, karena dikabarkan kecelakaan sering terjadi akibat akses jalan yang berlubang,” tegas Hurasan.

Ditambahkan, warga eks pengungsi Tial dan Larike yang kini bermukim di Desa Suli adalah warga negara Indonesia yang wajib mendapatkan pembangunan yang layak dari Pemerintah Provinsi Maluku.(S-20)