MASOHI, Siwalimanews – Jalan yang menghubungkan Kota Masohi dengan Kecamatan Tehoru serta Kecamatan Werinama di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) hingga Senin, (22/6) masih terputus.

Terputusnya jalan lintas di dua kabupaten ini dikarenakan 4 jembatan di Desa Haya Kecamatan Tehoru roboh dan sampai sekarang belum juga diperbaiki.

“Belum bisa lewat bang. Sampai sekarang 4 Jembatan yang rusak belum selesai diperbaiki. Yang paling parah Jembatan Suhu Putih di Desa Haya yang ambruk itu belum tersambung,” ungkap Tokoh Pemuda Negeri Tehoru Fhais Hatta kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Senin (22/6).

Ia mengaku belum mengetahui apakah pemerintah ada upaya untuk perbaikan jembatan ini sudah dilakukan atau belum. Namun sampai saat ini kendaraan masih belum bisa dilalui.

“Kalau perbaikan kami belum tahu. Tapi soal jalan sudah bisa dilewati atau belum saya pastikan belum bisa, sebab sampai sekarang kami dari Tehoru masih belum bisa masuk ke Kota Masohi karena ruas jalan yang masih putus,” tuturnya.

Baca Juga: Kapolda Temui Kakanwil Kemenkumham Maluku

Ditempat terpisah Kadis PU Maluku Tengah Josman Pabissa yang dikonfirmasi Siwalimanews menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Jalan dan Jembatan Wilayah Maluku mengenai masalah ini, mengingat status jalan trans Masohi –Tehoru-Werinama berstatus jalan nasional.

“Status jalannya adalah jalan nasional yang ditangani langsung oleh Balai Jalan. Jadi langkah kita sekarang yakni berkoordinasi dan sampaikan laporan kerusakan yang terjadi, langkah ini sudah kami lakukan,” tandas Pabissa.

Dijelaskan, pihak BPJN melalui PPKnya sudah menangapi dan saat ini mereka sementara menanganinya.

“Langkah perbaikan sedang dilakukan. Kami harap upaya itu dapat berlangsung dengan cepat agar transportasi ruas Masohi-Tehoru-Werinama dapat kembali normal seperti semula,” ujarnya.

Untuk diketahui hujan lebat yang menguyur Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) selama sepekan terakhir ini mengakibatkan sejumlah jembatan di wilayah Trans Masohi -Tehoru Nyaris lumpuh. Bagaimana tidak akibat hujan yang memicu banjir lokal di sejumlah aliran sungai mengakibatkan tiga jembatan di wilayah itu rusak, satu diantaranya dilaporkan roboh.(S-36)