PIRU, Siwalimanews – Untuk mengantisipasi banjir di Dusun Laala, Desa Lokki, serta genangan air di Jalan lintas Kecamatan Huamual Ariate-Laala, maka Pemkab SBB melalui Dinas PU bekerja sama dengan Balai Wilayah Sungai Maluku melakukan normalisasi sungai Laala.

Normalisasi dilakukan guna mengantisipasi musim hujan yang diprediksi masih terus berlangsung sehingga dapat menimbulkan banjir di Dusun Laala dan jalan lintas Huamual.

Informasi yang dihimpun Siwalimanews menyebutkan, pekerjaan normalisasi sungai yang saat ini diawali dengan pengerukan dasar sungai, serta perbaikan aliran dan pembangunan tanggul sungai dan saluran air sehingga pada saat meluap, air sungai tidak berdampak pada rumah warga,  serta Jalan Lintas Huamual.

Kadis Pekerjaan Umum SBB Tomi Watimena kepada Siwalimanews di ruang kerjanya Senin (22/6) mengatakan, normalisasi sungai dilakukan dengan mengutamakan percepatan pembangunan waduk sebagai kolam menampung air hujan di sekitar hulu, sehingga aliran air ke hilir, volumenya dapat terkendali.

“Kita fokus lakukan perbaikan aliran sungai dan pengerukan sungai. Namun, kita juga akan buat waduk penampungan air, sehingga nantinya ketika ada peningkatan volume air dapat terkendali,” tuturnya.

Baca Juga: Polda Gelar Rapat dengan Gustu Persiapan PSBB

Dikatakan, saat ini pemda SBB bersama Balai Sungai mengarahkan satu unit alat berat yang dimilikinya untuk pengeruk sungai serta waduk, sehingga pengerukan dapat dilakukan secara swakelola.

Bahkan Pemda SBB melakukan perbaikan saluran air pada kali Laala untuk memperbaiki kondisi saluran air yang kurang optimal, kata Watimena, sehingga dengan perbaikan saluran air ini, aliran drainase pada kali Laala atau saluran menjadi lebih lancar.

Perbaikan saluran air sungai sudah dilaksanakan di Kali Laala, bahkan perbaikan pembangunan tanggul sungai atau saluran untuk memperkuat dinding sungai. Apabila debit air sungai tinggi, maka pembangunan tanggul juga dapat berfungsi untuk meninggikan tanggul sehingga air tidak melimpah keluar ke jalan raya maupun pemukiman warga.

“Pemda SBB rencanakan di tahun ini akan melakukan pembangunan tanggul sungai Laala dan perbaikan jalan Huamual, sehingga aktivitas masyarakat dapat berjalan normal,” ucapnya. (S-48)