AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Baha­rudin Djafar Jumat (21/2), mela­kukan silaturahmi dengan umat muslim khususnya di Masjid Raya Al Fatah Ambon. Usai Sholat Jumat, Kapolda kemudian memper­kenalkan diri kepada ribuan jemaah di dalam masjid tersebut.

“Polisi adalah milik semua umat di Maluku, baik muslim maupun non muslim. Polisi juga pelayan umat, sehingga wajar jika saya sebagai orang baru yang bertugas di Maluku, memperkenalkan diri kepada umat, karena saya adalah pelayan bagi mereka,”kata Kapolda, dihadap ribuan jemaah sholat Jumat tersebut.

Kapolda mengatakan, polisi akan hadir ditengah-tengah masyarakat dalam memberikan pelayanan. “Mungkin saja ada polisi yang tidak menggunakan mata hati saat bertugas, maka saatnya kita ajak untuk menggunakan mata hati dalam bertugas dan melayani umat. Polisi tidak akan ada apa-apanya tanpa umat,” beber jenderal hobi berdak­wah ini.

Orang nomor satu di Polda Maluku ini juga berharap, agar umat muslim di Maluku  bisa mendukung kinerja aparat kepolisian dalam menjaga situasi dan kondisi ke­amanan di Maluku.

Bukan saja itu, jenderal polisi dua bintang ini menghimbau masyarakat untuk selalu mengawasi anggotanya di lapangan saat melaksanakan tugas. “Kebetulan dalam waktu dekat nanti ada penerimaan taruna Akpol, bintara dan tamtama, maka di kesempatan ini juga saya minta dan himbau kalau ada nanti yang mengatakan masuk polisi pakai uang, silahkan laporkan, saya akan proses baik yang pemberi maupun menerima termasuk yang ditahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.

Baca Juga: Rumah Tidak Layak Huni di KKT Capai Ribuan

Kapolda mengaku tidak akan ada polisi yang baik jika praktek kotor seperti itu masih saja dilakukan dan terjadi.

“Polisi bisa masuk surga, kalau masuk dan kerjanya baik. Polisi juga akan masuk neraka jahanam, jika awal masuknya salah dan kerja buruk, semoga polisi di Maluku semuanya baik-baik dan bisa masuk surga,” harapnya. (S- 32)