AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif menginisiasi kegiatan deklarasi pemilu damai dengan menggandeng KPU dan forkopimda serta partai politik. Kegiatan tersebut berlangsung di monumen gong perdamaian dunia, Kota Ambon, Rabu (30/8).

Selain Kapolda yang didampingi sejumlah pejabat utama Polda Maluku, turut hadir Gubernur Murad Ismail, Ketua KPU Samsul Rifan Kubangun, dan forkopimda Maluku beserta partai politik. Kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan hati semua elemen masyarakat.

Kapolda dalam sambutannya, mengajak semua pihak yang terlibat pada penyelenggaraan Pemilu di Maluku agar dapat bekerjasama, menjalin komunikasi yang baik guna terwujudnya Pemilu aman dan damai di Provinsi Maluku.

“Pagi ini kita bisa hadir dalam keadaan semangat dan kondisi yang teduh dan damai. Artinya ini merupakan suatu keteguhan yang Tuhan telah berikan kepada kita semua sehingga di dalam kehidupan ini, komunikasi kita dengan sesama tetap dijaga dengan baik, apalagi jelang  Pemilu,” ujar kapolda.

Kapolda berharap, kepada semua pihak agar dapat bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai, sehingga Maluku menjadi contoh penyelenggaraan pemilu bagi provinsi lain.

Baca Juga: 320 Pelanggaran Lalin di Maluku, 20 Diantaranya Pelajar

“Kami berharap Maluku dapat menjadi contoh bagi provinsi lain yang ada di Indonesia,” harap kapolda.

Deklarasi Pemilu damai di Maluku hari ini kata Kapolda, diharapkan dapat diaktualisasikan secara bersama oleh semua pihak.

Gubernur Maluku Murad Ismali pada kesmepatan itu mengatakan, pihaknya menyambut baik deklarasi Pemilu damai. Kegiatan ini bertujuan mewujudkan Pemilu yang damai di Maluku.

“Saya perlu ingatkan agar kita yang hadir saat ini harus benar-benar berkomitmen agar pemilu di Maluku harus damai yang berarti juga tindakan dan aktivitas kita semua elemen bangsa di Maluku harus benar-benar mengarah kepada terciptanya situasi yang aman dan kondusif jelang pemilu di 2024 nanti,” harapnya.

Untuk diketahui, deklarasi Pemilu damai tersebut seluruh forkopimda Maluku yang hadir ikut membacakan ikrar dan janji Pemilu damai yang dipimpin langsung Ketua KPU Samsul Rifan Kubangun didampingi seluruh kader partai politik dan pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pemilu di wilayah Maluku.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan deklarasi dan pelepasan burung merpati serta balon dari masing-masing kader partai, sebagai wujud komitmen bersama untuk setia menyelegarakan Pemilu yang damai di Maluku.(S-10)