AMBON, Siwalimanews – Tim Basarnas berhasil mengevakuasi KM Terajana yang mengalami kerusakan mesin di Perairan Pulau Tiga, Kabupaten Maluku Tengah. Tak hanya kapal, namun 13 ABK yang berada di dalamnya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Kepala Kantor SAR Ambon Mustari kepada wartawan, Senin (29/5) menjelaskan, KM Terajana bertolak dari Kota Ambon dengan tujuan Pulau Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat, namun mengalami kerusakan mesin dan terombang ambing di Perairan Pulau Tiga, Kabupaten Maluku Tengah.

Setelah menerima informasi tersebut, sekitar pukul 07.00 WIT, tim Basarnas dengan KN SAR Abimanyu dikerahkan menuju lokasi kejadian guna melaksanakan operasi SAR.

“Pukul 08.55 WIT, KN SAR Abimanyu berhasil tiba di lokasi kejadian dan berhasil menemukan KM Terajana dalam kondisi hanyut dan terombang ambing di sekitar Perairan Pulau Tiga. Seluruh korban berjumlah 13 orang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat,” jelas Mustari.

Selanjutnya kata Mustari, kapal naas tersebut di towing menggunakan KN SAR Abimanyu menuju Pulau Tiga, Kabupaten Maluku Tengah. Dari hasil koordinasi tim, nahkoda KM Terajana, meminta agar tetap berada di Pulau Tiga untuk lego jangkar sambil mencoba memperbaiki kerusakan mesin.

Baca Juga: Dinilai Salahi Aturan, Kimisioner KPU Kota Ambon Dilaporkan

“Kapal beserta ABK berhasil ditemukan dalam keadaan selamat dan diperkirakan akan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Manipa, setelah berhasil memperbaiki kerusakan mesin,” ucap Mustari.(S-10)