AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh Setiawibawa membuka secara resmi Rapat Pimpinan Kodam XVI Pattimura tahun 2023.

Dalam rapat yang dipusatkan di aula Korem Binaiya, Senin (27/2) terdapat sejumlah isu yang dibahas, salah satunya terkait pemerataan pembangunan nasional di Maluku dan Maluku Utara yang menjadi wilayah hukum Kodam XVI Pattimura.

Pangdam dalam sambutannya, mengatakan, kehidupan nasional masih diwarnai banyaknya bencana yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia dan dinamika kehidupan politik menjelang pelaksanaan pemilu 2024, termasuk perkembangan situasi di wilayah Maluku dan Maluku Utara, yang masih dipengaruhi oleh isu pemerataan pembangunan dan kesejahteraan, potensi bencana alam serta ancaman konflik sosial yang terjadi di sejumlah wilayah.

Menyikapi hal tersebut, sinergi antar komponen bangsa sangat diperlukan dalam mendukung pembangunan nasional di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

“Kodam XVI Pattimura sebagai bagian dari TNI AD merupakan komponen utama pertahanan, siap untuk memberikan kontribusi sesuai tema Kodam XVI/Pattimura Patriot NKRI yang Profesional siap mendukung pembangunan nasional di wilayah Maluku dan Maluku Utara,” ujar Pangdam.

Baca Juga: Marasabessy: Birokasi di Malteng Bakal Dirombak

Menurutnya, ada beberapa prioritas pokok dari pimpinan TNI dan TNI AD yang perlu ditindaklanjuti dalam pelaksanaan kebijakan pembinaan kekuatan. Tuntutan peningkatan profesionalisme yang semakin tinggi dihadapkan dengan keterbatasan sumber daya tidak menjadi hambatan, namun merupakan tantangan yang harus dilewati dalam menjaga kesiapan operasional satuan.

Disamping itu, tuntutan pelaksanaan reformasi birokrasi merupakan salah satu tugas yang harus dipenuhi sebagai perwujudan dari good governance.

“Manfaatkan forum Rapim Kodam XVI Pattimura ini untuk membangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi serta sinergitas yang harmonis, guna menyamakan persepsi, pemikiran, tindakan dan memantapkan soliditas pimpinan satuan jajaran Kodam XVI Pattimura dalam menghadapi tugas-tugas ke depan,” pinta Pangdam.(S-10)