JAKARTA, Siwalimanews – Banyak orang akan mengalami efek samping, pasca disuntik vaksin Covid-19. Hal ini normal terjadi karena tubuh sedang merespon vaksin yang masuk.

Vaksinasi yang mulai diberikan kepada masyarakat seringkali mendapatkan penolakan, karena terjadinya efek samping.

Efek samping biasanya akan terjadi selama 1-3 hari, namun ada beberapa orang tidak merasakan efek samping apapun setelah divaksin.

Kebanyakan orang mengalami nyeri atau pegal pada bagian lengan bekas suntikan.

Umumnya, ada dua efek samping yang terjadi akibat vaksin Covid-19, yaitu efek samping lokal dan efek samping umum serta cara mengatasinya.

Baca Juga: Masuk Ambon Wajib Swab PCR

Efek samping lokal terjadi pada lengan tempat vaksin disuntikkan. Umumnya terjadi nyeri, pegal, bengkak dan kemerahan.

Cara sederhana meredakan efek samping lokal ini cukup dengan membasahi handuk ke air dingin lalu tempelkan ke area suntikan.

Menggerakkan lengan dan berolahraga ringan juga dapat membantu meredakan pegal dan bengkak pada lengan setelah divaksin.

Efek samping umum berupa kelelahan, sakit kepala, menggigil, nyeri otot, demam dan mual. Efek samping ini dapat diredakan dengan obat yang dapat dibeli di apotek tanpa resep, seperti paracetamol dan ibuprofen.

Jika terjadi demam setelah suntikan, disarankan untuk memperbanyak minum air mineral agar tubuh memiliki banyak cairan.

Saat tubuh merasakan efek samping seperti diatas, lebih baik untuk beristirahat sejenak.

Jika efek samping terus menerus lebih dari tiga hari, terjadi reaksi yang tidak normal pada tubuh, lebih baik segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan. (S-52)