JAKARTA, Siwalimanews – Pemerintah Amerika Serikat akan mendonasikan empat juta dosis vaksin corona merek Moderna kepada Indonesia. Hal itu dikatakan Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan, Jumat (2/7), usai melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sumbangan itu katanya, akan dikirim melalui COVAX dalam tempo secepatnya. Sullivan menegaskan vaksin itu adalah bentuk dukungan dari pemerintahnya untuk masyarakat Indonesia dalam melawan kasus-kasus Covid-19 yang meningkat tajam.

Selain itu, Sullivan dan Menlu Retno juga mendiskusikan rencana Amerika Serikat meningkatkan bantuan kepada Indonesia dalam upaya tanggap Covid-19 yang lebih luas lagi.

Penasihat senior pemerintah AS untuk negosiasi nuklir Iran itu menggarisbawahi arti penting Asia Tenggara, dan Indonesia khususnya dalam upaya mengakhiri pandemi secara lebih luas bagi pemerintahan Biden-Harris.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengkonfirmasi bahwa pemerintah Indonesia akan menerima sebanyak 4 juta dosis vaksin Moderna dalam bentuk hibah dari Amerika Serikat.

Baca Juga: Terpapar Covid, Nenek 80 Tahun Meninggal di RS Siloam

“Kita juga akan dapat vaksin dari Amerika Serikat,” kata Budi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7) lalu. (S-52)