AMBON, Siwalimanews – Hujan yang mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya dalam dua hari terakhir, menyebabkan ratusan rumah warga Waiheru, Kecamatan Baguala, terendam banjir, dengan ketinggian air hampir mencapai satu meter.

Ditemui Siwalimanews Minggu (4/7), Dedi warga Waiheru RT 027/RW 003 mengungkapkan, hujan deras yang terjadi sejak Sabtu hingga Minggu mengakibatkan rumahnya tergenang banjir dengan ketinggian air mencapai 50 hinnga 65 centimeter.

Diceriterakan, air mulai menggenangi rumahnya pada Minggu sekitar pukul 03.00 WIT. “Air naik sudah setinggi lutut orang dewasa,” ujarnya.

Karena tak bisa diatasi, Dedi dan keluarganya memutuskan untuk mengungsi di rumah kerabatnya.

Di sekitar rumah Dedi, beberapa rumah lain juga terendam banjir dengan tinggi bervariasi, ada yang hanya semata kaki, ada pula yang mencapai satu meter.

Baca Juga: NTP Maluku Naik 0,82 Persen

Mustafa warga lainnya mengungkapkan, sejak diguyur hujan mulai Sabtu malam. rumahnya terendam banjir, meski tidak terlalu tinggi. Namun harus rela barang-barang berharga yang ada di dalam rumah harus terendam.

“Hujan kali ini sangat lebat mulai tadi malam sampai dini hari, akhirnya air masuk kedalam rumah. Karena luapan dari sungai yang tidak bisa menampung debit air yang terlalu deras,” ujarnya.

Ditemui terpisah, Dimas warga Waiheru lain juga mengeluh soal air hujan yang masuk ke rumahnya, meski ketinggian air hanya 30 centimeter, namun itu cukup membuat dia dan keluarganya panik.

“Biasanya tidak sampai masuk rumah, tapi hujan hari ini cukup deras sekali. Meski ketinggian air cuma 30 centimeter, namun saya dan warga yang lain cukup dibuat panik karena air masuk ke rumah,” tandasnya.
Sementara itu Budiman Ketua RT 027 RW 003 mengaku, kurang lebih 50 rumah warga yang terendam banjir.

Warga yang rumahnya terendam banjir melakukan evakuasi sendiri barang-barangnya.

Dia mengaku pihak BPBD Kota Ambon sudah turun dan membantu warga, dengan memberikan tikar sebanyak 100 buah, kantor Desa Waiheru memberikan nasi bungkus untuk warga sementara dari Balai Sungai membantu membersihkan genangan air yang masuk ke rumah warga.

Walau begitu, Budiman meminta pemerintah daerah untuk memperbaiki gorong-gorong yang sudah sekian lama tak pernah diperbaiki.

“Desa Waiheru sudah menjadi langganan banjir akibat Gorong-gorongnya tidak diperbaiki. Kurang lebih selama 20 tahun setiap hujan tetap banjir,dan kami juga agak kesal dengan sikap pemerintah yang tidak memperhatikan kondisi ini,”pungkasnya.

Diakui BPBD

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Maluku, Hendri Far-Far mengakui 100 lebih rumah warga Waiheru terendam banjir.

Hal ini diakibatkan luapan air yang turun dari gunung ke rumah warga, dimana volume gorong-gorong yang terlalu kecil sehingga tidak menampung debit air yang datang.

Kepada Siwalimanews, Far-Far yang turun langsung di Waiheru mengatakan, umumnya keluhan warga itu soal gorong-gorong yang tak mampu manyalurkan air dalam jumlah besar.

“Masalah utama adalah gorong-gorong dan jalur air melintasi jalan raya dan itu kecil serta sudah bertahun-tahun. Beta berharap kondisi itu bisa diperbaiki sehingga jalur air yang turun dari gunung bisa langsung ke laut dan jalan raya tak lagi tergenang,” ujarnya

Ia mengakui, sejak Sabtu hingga Minggu intensitas hujan sangat tinggi mengakibatkan banjir terjadi di Waiheru dan sebanyak 100 KK lebih yang terdampak,

“Dari pagi sampai siang itu air naik hampir satu meter di rumah warga dan rumah-rumah itu tergenang semua. Di daerah pasar kaget Waiheru itu tergenang semua, dan saya masuk sampai ke dalam, dengan kepala desa dan staf RT serta ibu Hasanussy dari DPRD,” katanya.

Far-Far mengaku menyaksikan sendiri kondisi lapangan di Waiheru, dimana warga yang terdampak cukup banyak. Karenanya dia akan menyusu data melaporkannya ke atas, agar ada perhatian khusus sehingga tidak terjadi banjir lagi. (S-51)