AMBON, Siwalimanews – Pejabat RSUD dr. M Haulussy Ambon, Dolfina Sapteno meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

Wanita 56 yang merupakan Kabag Kepegawaian di rumah sakit berpelat merah nomor satu di Maluku ini meninggal pada Kamis, (2/7) dini hari sekitar pukul 02.00 WIT di rumahnya di Lateri, Kecamatan Baguala.

“Jadi tadi pagi, kita punya seorang pegawai, yang juga pejabat di RSUD M. Haulussy meninggal dunia dengan status pasien terkonfirmasi,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku.

Kasrul menjelaskan, almarhumah sebelumnya memiliki gejala batuk dan demam. Oleh pihak rumah sakit kemudian meminta ia melakukan karantina mandiri di rumah. Namun kondisi tidak membaik, dan akhirnya meninggal dunia.

Pihak keluarga kemudian melaporkan kematian almarhumah ke pimpinan rumah sakit. Jenazahnya kemudian dibawa ke RSUD dr. M. Haulussy.

Baca Juga: Ketua dan Anggota Komisi II DPRD SBB Jalani Rapid Test

“Tim medis melakukan tes cepat dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM). Hasilnya positif terpapar Covid-19,” terang Kasrul.

Lanjut Kasrul, pihak keluarga menerima kalau almarhumah terpapar Covid-19 berdasarkan hasil TCM.

“Keluarga memang menerima karena salah satu anak korban merupakan perawat di RSUD dr. M. Haulussy dan mereka yang setuju dilakukan proses pemakaman dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Kasrul mengungkapkan, selama menjalani karantina mandiri, almarhumah sudah bergejala terpapar Covid-19.

“Pihak rumah sakit mengizinkan melakukan karantina mandiri, namun kondisinya memburuk dan meninggal dunia,” ujarnya.

Untuk proses pemakaman almarhumah, kata Kasrul, gugus tugas juga melibatkan tokoh agama.

“Jadi sebelum dibawa ke pemakaman sudah dilakukan ibadah barulah jenazah dibawa ke lokasi TPU Hunuth,” ujarnya.

Pantauan Siwalima, saat jenazah almarhumah dikeluarkan dari ruang pemulasaraan jenazah sekitar pukul 11.45 WIT, seluruh pejabat, perawat dan pegawai RSUD dr. M Haulussy berdiri membentuk pagar hidup di jalan untuk memberi penghormatan terakhir kepada almarhumah.

Selanjutnya proses pemakaman almarhumah di TPU Hunuth selesai sekitar pukul 13.00 WIT. (S-39)