AMBON, Siwalimanews – Angin kencang disertai hujan yang melanda Kota Ambon, pada Kamis (1/12) kemarin, menyebabkan sejumlah rumah rusak dan pohon tumbang.

Data yang dihimpun Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kota Ambon menyebutkan, terdapat enam titik lokasi pohon tumbang, yakni di Kelurahan Honipopu, Kelurahan Karang Panjang, Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, dan lainnya yang terjadi di Kecamatan Teluk Ambon dan Baguala, yakni di Nania, Negeri Lama, serta Kelurahan Lateri.

Dalam peristiwa itu, sedikitnya lima kepala keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 25 orang, mengalami dampak. Tindakan yang telah diambil yakni, telah dilakukan pemangkasan pohon serta penyerahan  bantuan logistik bagi warga yang terdampak.

Terkait dengan peristiwa itu, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena berjanji, akan melakukan penataan secara menyeluruh terhadap pohon-pohon yang berada di pinggir jalan atau lingkungan tempat tinggal warga.

“Ini menjadi catatan kita untuk kembali melakukan penataan terhadap pohon-pohon yang berada di tepi jalan dan di seluruh jalan raya di kota ini,” ujar walikota kepada wartawan di Balai Kota, Jumat (2/12).

Baca Juga: Polsek Tanut Galar Rakor Pengawasan Jual Beli BBM Eceran

Walikota juga menghimbau kepada seluruh warga kota, agar tetap waspada, sebab sebagai manusia semua orang tentu tak menginginkan hal buruk terjadi.

“Untuk itu, masyarakat harus berhati-hati, terutama saat melewati jalan raya yang ada pohon besar, termasuk nelayan, juga berhati-hati dengan kondisi cuaca saat ini,” himbau walikota.(S-25)