AMBON, Siwalimanews – Meskipun kontestasi pemilihan kepala daerah Kabupaten Buru masih setahun lagi, namun sejumlah nama mulai bermunculan dan digadang-gadang akan menjadi kontestan untuk merebut kursi orang nomor satu di Bumi Bupolo.

Sebut saja anggota DPRD Provinsi MalukuGadis Siti Nadia Umasugi, yang juga anak mantan Bupati Buru dua periode Ramli Umasugi, kemudian anggota DPRD Maluku Aziz Hentihu termasuk Ikram Umasugi yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Maluku diprediksi bakal mewarnai kontestasi.

Salah satu bakal calon Bupati Buru Ikram Umasugi mengaku, saat ini konstelasi politik menjelang pilkada di kabupaten mulai memanas dan masif dibicarakan ditengah-tengah masyarakat.

“Sudah ada beberapa nama figur calon Bupati yang dibicarakan, salah satunya saya dan semuanya memiliki peluang yang sama,” akui Umasugi kepada wartawan di Ambon baru-baru ini.

Sebagai politisi senior, Umasugi mengungkapkan jika banyaknya figur bakal calon bupati merupakan proses demokrasi yang sangat baik guna memberikan ruang bagi siapa saja untuk berkontestan.

Baca Juga: Polisi Buru Pelaku Bentrok yang Tewaskan Satu Warga di Tulehu

“Saya harus bisa mencari suasana baru, sehingga Pilkada 2024 beta harus bisa menjemputnya sebagai sorang politisi senior dengan segudang pengalaman selama menjabat DPRD,” tegasnya.

Umasugi mengaku, pihaknya telah melakukan berbagai langkah kosolidasi untuk menggapai kekuatan di sejumlah pelosok di Kabapaten Buru yang disertai dengan analisa politik yang terukur.

Politisi PKB Maluku ini optimis, dengan berbagai kesiapan yang dilakukan, maka dirinya akan menangkan kontestasi pilkada pada November 2024 mendatang.

“Insyah Allah dengan berbagai kesiapan, kita akan memenangkan Pilkada 2024, sehingga perlu adanya penambahan kursi di DPRD Buru dari yang ada sebanyak tiga kursi,” jelas Umasugi.(S-20)