Ambon, Siwalima – Sebanyak 16 perusahaan di Maluku memperoleh sertifikat proper yang merupakan satu Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Penyerahan sertifikat itu diserahkan oleh Penjabat Sekda Maluku Sadli Ie didampingi Kadis Lingkungan Hidup Maluku Roy Syauta pada acara peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia tahun 2022 yang dipusatkan di pelataran Gedung Islamic Center, Waihaong Ambon, Kamis, (9/6).

Untuk sertifikat proper dengan kategori hijau diperoleh, PT Pertamina Patra Niaga Subholding C dan T Integrated Terminal Wayame serta PT  Patra Niaga DPPU Pattimura.

Sedangkan Proper Biru diperoleh,  PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Masohi/Namlea/Saumlaki/Tual, PT Citic Seram Energi Limited, PT Semen Tonasa Ambon, PT PLN (Persero) PLTD Langgur/Poka/Saparua/Hative Kecil/Kairatu/Wamar/Namlea dan Saumlaki.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2022, menjadi momen penting untuk terus  menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki dalam perilaku adil terhadap lingkungan.

Baca Juga: Selesaikan Masalah Yaputi, Bupati Harus Responsif

“Karena lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif. Saya sampaikan terima kasih, apresiasi dan penghargaan atas kerja keras seluruh elemen bangsa, seluruh masyarakat, jurnalis dan juga jajaran birokrasi lapangan. Tantangan kedepan, tidak lebih mudah. Obyektivitas dan kejernihan dalam melihat masalah dan membangun artikulasi penyelesaian masalah, merupakan pijakan kolaborasi yang sangat penting,” ujar Nurbaya.

Sementara disisi lain kata Nurbaya, pembangunan lingkungan di Indonesia dalam perjalanannya, secara praktis melembaga dan semakin beraktualisasi dengan nyata.

Kondisi tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia diantara negara-negara di dunia, dimana Indonesia cukup gigih bekerja dalam aspek

lingkungan.

Untuk diketahui, usai acara peringatan HLH, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sarana dan prasarana tempat sampah oleh Ketua TP-PKK Maluku, Ny. Widya Pratiwi Murad Ismail kepada para tokoh agama.(Mg-1)