Pemerintah Kota Ambon kembali menerbitkan 300 Nomor Induk Berusaha (NIB). Ratusan NIB itu dibagikan kepada Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) yang ada di Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon.

Penyerahan NIB itu dilakukan oleh Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena bersamaan dengan launching pembayaran retribusi digital, dan penyerahan santunan bagi ahli waris pekerja rentan oleh BPJS, Rabu (25/10).

Dalam sambutannya walikota mengungkapkan, ada 3 tugas atau fungsi pemerintah yaitu, menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pelayanan publik kepada masyarakat dan melaksanakan pembangunan.

Dalam melaksanakan hal itu, maka ada banyak hal yang harus dilakukan pemerintah, termasuk hal-hal maksud.

“300 NIB ini diberikan kepada pedagang, mereka juga UMKM. Tugas kita menjamin itu semua demi pembangunan dan mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pemkab Malteng Teken PKS Bersama Probolinggo

Dalam kaitan dengan itu, untuk membangun kota dari sisi ekonomi, maka pasar memegang peran penting. Dalam artian, pasar bukan sekedar tempat bertemunya penjual dan pembeli, tetapi juga sebagai tempat untuk membangun suasana kebersamaan, silaturahmi antara sesama warga kota ini.

Oleh karena itu, lanjut Walikota, pasar harus dikelola secara baik, supaya tujuannya untuk memberikan dampak positif kepada pedagang, yaitu meningkatkan taraf hidup serta kepastian kepada pembeli supaya bisa membeli kebutuhan dengan nyaman serta turut menjaga kesatuan dan persatuan antar sesama warga.

Dalam upaya untuk wujudkan fungsi pasar, lanjut Walikota, Pemkot terus berupaya lakukan penataan bahkan penyediaan sarana dan prasananya.

“Dari penataan yang kita lakukan, Pemkot dapat berikan manfaat dan mampu menjawab beberapa hal tadi. Memang sekarang di Pasar Waiheru kita belum bisa tagih retribusi, tetapi pemerintah punya tanggungjawab untuk menjamin keberlangsungan sarana dan prasarana yang ada dalam pasar itu, dan juga pada aspek-aspek lain,”ujarnya.

Terkait kegiatan ini, Pemkot Ambon berterima kasih kepada seluruh pihak, BPDM Maluku-Maluku Utara, BPJS, APKLI yang sudah fasilitasi NIB gratis kepada para pedagang.

Dalam kesempatan itu juga Walikota mengucapkan terima kasih kepada OJK, BI dan seluruh pihak yang telah membantu Pemkot.

“Mari kita bangun kota ini bersama, bangun kota ini butuh kolaborasi yang terintegrasi,”tandasnya.(S-25)