AMBON, Siwalimanews – Ikatan Alimni Universitas Pattimura (IKAPATTI) Ambon menggelar musyawarah besar pertama yang dipusatkan di Swissbel Hotel, Kamis (25/3)

Musyawarah dengan mengusung tema Revitalisasi Peran dan Soliditas Ikapatti Sebagai Center of Development SDM menuju 100 tahun Indonesia Sejahtera ini, dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan itu, diikuti oleh 75 peserta yang berasal dari delegasi cabang yang telah terbentuk dan calon cabang yang nantinya akan dibentuk.

“Pemprov Maluku memberikan apresiasi yang tinggi pada seluruh panitia pelaksana dan peserta atas terselenggaranya kegiatan Mubes IKAPATTI,” ucap Saleh Thio dalam sambutannya.

Menurutnya, kampus Unpatti bukan hanya menggelorakan api perjuangan Pattimura, namun akan terus mencetak Patimura muda untuk terus berinovasi ditengah hamparan peluang dan tantangan didepan.

Momen Mubes IKAPATTI bukan saja untuk konsolidasi dan silahturahim bagi alumni yang ada di Maluku dan diluar, namun momen ini mesti digunakan sebagai momen konsolidasi gagasan dan tindakan dan pemikiran serta aksi nyata.

Baca Juga: PLN Gunakan Power Bank Jaga Pasokan Listrik

 “Maka gagasan pemikiran cerdas mesti lahir  dari para alumni guna merespon perubahan ilmu dan dinamika sosial,budaya, politik ,dan ekonomi di era revolusi saat ini,” ujar Thio.

Ia berharap, keberadaan IKAPATTI akan sangat bermakna dan memberi kontribusi untuk kemajuan daerah bangsa dan negara.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Mubes IKAPATTI Agus Ufie dalam laporannya mengatakan, sebelum dilaksanannya puncak acara ini, para peserta sudah terlebih dahulu melakukan beberapa kegiatan pra mubes pada 18 Maret.

“Kegiatan Mubes IKAPATTI diawali dengan pemaparan materi yang akan dibagi dalam 3 sesi, dimana sesi pertama menjadikan IKAPATTI sebagai center of development pengembangan SDM yang akan disampaikan oleh beberapa alumni Unpatti,“ ujar Ufie.

Para alumni yang akan memaparkan materi diantaranya, Saudah Uluputih (alumni Fakultas Teknik), Hendrik Lewerissa (Fakultas Hukum), Hamra Samar (Fakultas Hukum), Alex Retraubun (Fakultas Perikanan).

Sementara untuk sesi berikutnya akan dibahas tentang Blok Masela Tantangan dan Peluang, membangaun SDM Maluku Yang akan disampaikan Gubernur Maluku Murad Ismail, Rektor Unpatti MJ Sapteno, Mercy Barends (Fakultas Teknik) dan Ketua DPRD KKT Jaflaun Batlayeri  (Fakultas Hukum).

“Mubes ini sebagai momentum dalam rangka merevitalisasi peran mengokohkan eksistensi IKAPATTI sebagai center of development pengembangan manusia demi kebesaran dan kejayaan almamater kita, dengan demikian alumni sebagai person maupun kelembagaan merupakan sebuah bagian penting dari sebuah lembaga pendidikan tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, disesi yang diannti-nantikan yakni sesi ketiga yaitu proses pemilihan Ketua Umum IKAPATTI periode 2021-2025. (S-51)