AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi VI DPR Hendrik Le­werissa kembali memper­juang­kan masalah kelistrikan di Maluku.

Pasalnya sejak Indonesia Merdeka ada beberapa desa di Maluku termasuk di Ke­camatan Kilmury, Kabupaten Seram Bagian Timur, dan beberapa kecamatan di pro­vinsi ini yang sampai seka­rang, masyarakat belum menikmati penerangan listrik dari PT PLN.

“Catatan saya sebagai wakil rakyat dari Maluku pak Direktur PLN, ada beberapa kecamatan di Maluku, terutama di Kecamatan Kilmury, Kabupaten Seram Bagian Timur, itu ada 24 desa dan 23 dusun, dimana sejak Indonesia merdeka sampai sekarang belum tersentuh oleh lis­trik,” ungkap Lewerissa dalam rapat kerja Komisi VI bersama Direktur PLN di Gedung DPR, se­nayan Ja­karta, Kamis (21/9)

Menurut HL, sapaan akrab Lewe­rissa, apa yang disuarakannya ini, masih sama seperti dengan apa yang dirinya perjuangkan di Komisi VI ketika memberikan persetujuan, terkait usulan BUMN di tahun- tahun kemarin.

Selain Kabupaten SBT ada juga warga di Pulau Dai, dimana dari tiga desa di pulau itu, sama sekali belum ada listrik. Begitupun di Kecamatan Wuarlabobar dan Molomaro di Kecamatan Tanimbar, Kabupaten KKT, disana juga ada beberapa desa yang sampai saat ini belum mendapatkan penera­ngan listrik.

Baca Juga: Meytha: Kerja Polisi Dipantau Masyarakat 

“Saya berharap, ini juga jadi perhatian pak Direktur PLN dan saya berharap, dalam waktu yang dekat ini apa yang saya usulkan bisa menjadi perhatian bapak selaku Direktur PLN,” pinta HL

Walaupun demikian, Ketua DPD Gerindra Maluku ini menyam­pai­kan terima kasih kepada pihak PLN, karena rakyat di Pulau Damar dan Pulau Roma,  akan menikmati penerangan listrik karena mesin­nya sudah ada.

HL mengungkapkan, hal ini patut disampaikan kepada pihak PLN dalam rapat ini, selain itu apa yang disampaikan pihak PLN dalam rapat ini bahwa, di tahun 2025 diperkirakan 100 persen desa di Indonesia telah dialiri oleh listrik, maka itu berarti semua daerah di Maluku juga.

“Ada pesan tua di Maluku yang diyakini punya kekuatan magis yaitu, sapa bale batu, batu bale dia, siapa ingkar janji, janji makan dia. Tapi saya percaya bapak tidak di makan oleh janji bapak,” sentil HL

HL menambahkan, jika dirinya be­rada dalam posisi sebagai Men­teri BUMN, maka dirinya akan ber­pikir untuk tetap mempertahankan Direktur PLN saat ini untuk melan­jutkannya, karena sebagai wakil dari Maluku, dirinya juga mera­sa­kan ada peningkatan elektabilitas yang sangat signifikan. (S-27)