AMBON, Siwalimanews – Memiliki 41 unit kendaraan sepeda motor roda tiga, Pemerintah Kota Ambon mencoba memaksimalkan pengangkutan sampah khusus di dalam gang sempit.

Puluhan truk angkut sampah selama ini bisa beroperasi di jalan-jalan protokol, sempitnya gang membuat pengangkutan sampah  membutuhkan kendaraan lebih kecil.

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena mengaku bantuan satu unit sepeda motor roda tiga membantu pemerintah mengangkut sampah khusus di dalam gang.

“Dengan bantuan ini diharapkan pengangkutan sampah dapat dilakukan sampai ke rumah-rumah warga yang ada di dalam lorong maupun gang,” ujar walikota di sela-sela penyerahan 1 unit sepeda motor roda tiga oleh PT Jasa Raharja di parkiran Balai Kota, Senin (28/8)

Walikota mengaku kekurangan armada mengakibatkan pena­nganan sampah di Kota Ambon, menjadi terhambat. “Kita beberapa kali menerima bantuan kendaraan seperti ini, saya harap bantuan ini bermanfaat dan dapat mengurangi beban sampah yang ada di Kota Ambon,” katanya.

Baca Juga: Nelayan di Liang Dilatih Budidaya Keramba Jaring Apung

Kepala Cabang PT Jasa Raharja, Hermas Haurissa pada kesempatan itu berharap kepada masyarakat agar tetap tertib berlalu lintas.

“Saya harap kepada kita semua terutama para ASN Pemkot agar berhati-hati dalam berkendara, karena potensi kecelakaan di jalan bisa terjadi kapan saja,” ingatnya.

Untuk diketahui, kendaraan roda tiga yang dikelola Pemkot Ambon sejauh ini peruntuhanya untuk mengangkut sampah merupakan hibah dan pemberian dari BUMN melalui program CSR. (S-25)